Efektivitas Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Disiplin Siswa (Penelitian di SMP Insan Kamil Legok, Kabupaten Tangerang)

Ika Ika, Siti Maspuroh, Pajar Milawati

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagimanakah pelaksanaan kegiatan shalat dhuha dan bagaimanakah efektivitas pelaksanaan kegiatan shalat dhuha di SMP Insan Kamil Legok Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan ketiga metode ini, peneliti menemukan data mengenai kegiatan shalat dhuha di SMP Insan Kamil Legok Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Kegiatan shalat dhuha merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Untuk pelaksanaan shalat dhuha dilaksanakan setiap hari dan lima kali dalam seminggu, rangkaian pelaksanaan kegiatan shalat dhuha yaitu (a) shalat dhuha yang dilaksanakan pada jam 10.00 sebelum jam istirahat (b) shalat dhuha yang dilakukan dua kali salam (c) wiridan dan pembacaan doa dhuha secara bersama-sama yang dipimpin oleh pembina kegiatan shalat dhuha dan terkadang dipimpin langsung oleh siswa. Adapun model penilaian efektivitas terhadap pelaksanaan kegiatan shalat dhuha siswa berdasarkan pada kriteria evaluasi pendekatan pre-ordinate dengan model evaluasi yaitu Evaluasi Konteks (Context Evaluation), Evaluasi Masukan (Input Evaluation), Evaluasi Proses (Process Evaluation) dan Evaluasi Produk (Product Evaluation). Dari hasil temuan dan model evaluasi CIPP yang digunakan dapat diketahui bahwa efektivitas pelaksanaan kegiatan shalat dhuha di SMP Insan Kamil Legok Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang dari segi konteks tidak efektif disebabkan kurangnya kerjasama sesama guru-guru dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa untuk melaksanakan shalat dhuha. Dalam segi masukan sudah efektif, karena latar belakang pendidikan pembina kegiatan shalat dhuha merupakan sarjana agama. Jadi, ini sesuai dengan kegiatan shalat dhuha . dilihat dari segi proses belum efektif, karena kurangnya upaya pembina kegiatan shalat dhuha dalam meningkatkan kesadaran siswa untuk melaksanakan shalat dhuha. Sedangkan dari segi produk atau hasil belum efektif, karena tujuan untuk membisakan siswa melakukan shalat dhuha melalui kegiatan shalat dhuha belum sepenuhnya berhasil sesuai dengan yang diharapkan.


Keywords


Kata Kunci : Pelaksanaan, Shalat Duha, dan Disiplin.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Khuly Syekh Hilmi, Misteri Dahsyatnya Gerakan Shalat, Jakarta: Tuhfa Media, 2010.

Al-Mahfani M Khalilurrahman, Berkah Shalat Dhuha, Jakarta: Wahyu Media, 2008.

Al-Munawar Said Agil Husin, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam, PT.Ciputat Press, 2005.

Al-Qahthani Sa'id Bin Ali Wahf, Kumpulan Shalat Sunnah Dan Keutamaannya, Jakarta: Darul Haq, t.th.

Arsip Data SMP Insan Kamil Legok Tangerang.

Ernawati Ika, Pengaruh Layanan Imformasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xll Cokro Aminoto Banjarnegara dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 01 No. 1 Tahun 2016.

Fattah Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2004.

Humaedi M. Alie, dkk. Etnografi Bencana, Menakar Peran Para Pemimpin Lokal Dalam Pengurangan Resiko Bencana, Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2016.

Mahmudi Ihwan, "CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan," dalam Jurnal At-Ta'dib. Vol. 6 No. 1 Tahun 2011.

Mamik, Metodologi Kualitatif, hal itu: t.tp. Zifatama Publisher, t.th.

Mulianto Sindu, dan dkk, Supervisi Diperkaya Perspektif Syariah, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.

Nonci Nurjanah, Implementasi Program Gernas Kakao, Makassar: SahMedia, 2017.

Nurcahya Eka, Anang Multiadi, dkk. "Evaluasi Konteks dan Produk Program Badan Usaha Milik Desa," dalam Jurnal Responsive, Vol. 2 No. 3 Tahun 2019.

Nursalam, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika, 2008.

Pratiwi Nuning Indah, "Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi," dalam Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, Vol. 1, No.2, Tahun 2017.

Prihati, Implementasi Kebijakan Promosi Pariwisata Dalam Pengembangan Potensi Wisata Daerah, Surabaya: Jakad Media Publishing, 2018.

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Sari Windy Dian, “Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang,” tesis, Jakarta: PTIQ Jakarta, 2019.

Winarso Widodo. "Membangun Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif Deduktif, dan Induktif Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika," dalam Jurnal EduMa, Vol. 3 No. 2 Tahun 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya