Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yaspib Bontolempangan

Sulkifli Sulkifli, Kaharuddin Kaharuddin, Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptifyang bertujuan untuk mengungkap terkait dengan pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran, yang dilakukan di SMA YASPIB Bontolempangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumen kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumen. Hasil penelitian tentang bagaimana Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran tambahan Siswa SMA YASPIB Bontolempangan, Bentuk pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran tambahan siswa SMA Yaspib Bontolempangan yang dilakukan oleh guru dan siswa adalah dengan penugasan oleh guru, siswa diberikan tugas untuk mencari, mempelajari, dan mengungkapkan pada saat pembelajaran untuk memperkaya keterbatasan materi yang ada pada buku dan lembar kerja siswa yang digunakan pada saat pembelajaran dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat diskusi, keinginan siswa yang tinggi untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber yang didapat melalui browsing dan searching di internet.


Keywords


Pemanfaatan, Interner, Media Pembelajaran dan Tambahan

Full Text:

PDF Download

References


Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Angkowo, Kosasih. 2011. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Crain, William. 2007. Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasi, Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta. Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamrah, Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Reneka Cipta.

Rozi, Zaenal A. 2008. Mari Mengenal Internet. Yogyakarta: Andi.

Slamento. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo, Hadi Ariesto. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kulitatif dan Kuantitatif R&D.Bandung: Alfabet.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tapscott, Don. 2013. Grown Up Digital: yang Muda yang Mengubah Dunia. Jakarta: Gramedia.

Tjiptono, Fandy & Santoso, Totok B. 2000. Strategi Riset Lewat Internet. Yogyakarta: Andi.

Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. 2009. Metode Research. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Lexi J. Molong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jasmadi. 2004. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet. Yogyakarta: Andi.

www.hukumonline.com/pusatdata/download/fl19988/parent/1745. http://google.blog..ac.id/.pdf.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i2.2682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya