Penerapan Metode Diskusi Simposium dalam Pembelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X.B Sma Negeri 2 Baebunta Kab. Luwu Utara

Nasriadi Nasriadi

Abstract


Penerapan metode diskusi simposium  dalam pembelajaran sosiologi pokok bahasan sosialisasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X.B SMA Negeri 2 Baebunta Kab. Luwu Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas X SMA Negeri 2 Baebunta, Kab. Luwu Utara dan bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui metode diskusi simposium. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.B SMA Negeri 2 Baebunta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 orang.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan survei awal ketuntasan nilai ujian sebelum pelaksanaan tindakan hanya terdapat 23 siswa. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi simposium yaitu pada siklus I dengan nilai  yang mencapai ketuntasan adalah 33 orang, sedangkan pada siklus II nilai evaluasi semuanya tuntas, sebanyak 36 siswa. Dilihat dari observasi siswa bahwa dari siklus 1 persentase rata-rata motivasi belajar siswa yaitu dari 62,9% meningkat pada siklus 2 menjadi  91,6%.

                                                                                                         

Kata Kunci: Penerapan, Diskusi, Sosiologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya