Sinkronisasi Bakat dan Cita-Cita Mahasiswa Angkatan 2016 dalam Memilih Jurusan di Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar

Muhajir Muhajir, Riskariani Sulaiman, Usman Ismail

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan bakat dan pengidentifikasian cita-cita mahasiswa Fakultas Sastra angkatan 2016 yang terdiri dari 6 jurusan yaitu jurusan Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Ilmu Komunikasi. Metode kuantitatif dengan pendekatan survey digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62.97% mahasiswa angkatan 2016 memilih jurusan berdasarkan kesesuaian antara bakat dan minatnya, dan 26.39% mahasiswa pada angkatan 2016 pada Fakultas Sastra memilih jurusan tidak disesuaikan antara bakat dan minatnya. Terakhir, terdapat 10.64% mahasiswa angkatan 2016 yang mengalami kebingungan karena tidak memiliki cita-cita.


Full Text:

PDF

References


Basleman, A., dan Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bilz, J. (2008). Job Satisfaction and Teacher Career Stages. Unpublished PhD Dissertation, United Stated Code, Walden University.

Badan Pusat Statistik. (2013). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.

Badan Pusat Statistik. (2014). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.

Badan Pusat Statistik. (2015). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.

Badan Pusat Statistik. (2016). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.

Bratton, J., dan Gold, J. (2000). Human Resource Management: Theory and practice. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Craig, J. B. (2008). The Relationship Between the Emotional Intelligence of the Principal and Teacher Job Satisfaction. Unpublished Dissertation, United Stated Code, University of Pennsylvania.

Cranton, P. (2006). Understanding and promoting transformative learning: a guide for educators of Adults (2nd ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, California: Corwin Press Incorporated.

Joyce, B., dan Showers, B. (2002). Student Achievement through Staff Development Fundamentals of School Renewal (3rd ed.). USA: Longman, Inc.

Lucy, Bunda. 2010. Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak (Painting Your Children’s Future). Jakarta: PT. Tangga Pustaka.

McClelland, D. (1961). The Achieving Society. Princeton, New Jersey, Toronto, New York: D. Van Nostrand Company, Inc.

Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Prenada Media.

Seifert, K., dan Sutton, R. (2009). Educational Psychology (2nd ed.). Zurich, Switzerland: The Global Text Project.

Tilaar, H. A. R. (2004). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional (dalam Perspektif abad 21). Magelang; Tera Indonesia.

Wijanarko, Jarot. 2012. Multiple Intelligences Anak Cerdas. Banten: PT. Happy Holy Kids.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya