Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Daring Anak Usia Dini

Tanenji ., Neng Sri Nuraeni, Firyal Nada Paradise, Rena Latifa, M.Anang Jatmiko, Siti Rahmah, Abdul Rozak

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis kendala orang tua dalam mendampingi pembelajaran daring anak usia dini di masa pandemi dengan bentuk pengalaman situasi sulit orang tua, bentuk-bentuk coping yang dilakukan orang tua dengan menguhi pengaruh bentuk situasi sulit yang dialami dengan bentuk coping serta menguji pengaruh faktor sosiodemografi. Penelitian mengambil sampel sejumlah 153 orang tua yang diberikan angket berupa instrumen situasi sulit orang tua dengan instrumen gaya coping. Hasil penelitian menyatakan situasi paling sulit yang dirasakan oleh para orang tua paling banyak dirasakan adalah ketika orangtua merasa memiliki terlalu banyak tanggung jawab yang disebabkan karena beberapa orang tua sibuk dengan berbagai pekerjaan, sehingga jika ditambah lagi dengan mendampingi anak dengan pembelajran jarak jauh membuat orang tua merasa tanggung jawabnya bertambah. Hasil penelitian juga menyatakan bahwa bentuk coping orang tua paling banyak dilakukan adalah dengan cara menganalisis masalah sebelum bertindak. Karena para orang tua semakin sering menghadapi masalah saat mendampingi anak belajar maka mereka pun belajar untuk mengatasinya dengan cara mencari cara yang tepat dan meminimalisir hal-hal yang akan terjadi. Sehingga ketika kondisi sulit terjadi orang tua sudah mengatahui solusinya. Tak hanya itu saja, bentuk coping orang tua selanjutnya adalah para orang tua sering melakukan refreshing untuk keluar dari zona stress ketika menghadapi situasi sulit, hal ini dapat membantu orang tua kembali bersemangat mendampingi anak ketika belajar. Mengunjungi teman saat menyelesaikan masalah adalah salah satu pilihan terakhir orang tua ketika mengatasi kondisi sulit saat mendampingi anak belajar di rumah. Hasil penelitian terkait uji hipotesis baik uji parsial maupun simultan diperoleh bahwa sosiodemografi berpengaruh terhadap situasi sulit dan bentuk coping. Hasil penelitian dengan adanya pengaruh yang signifikan antara sosiodemografi terhadap bentuk pengalaman sulit dan bentuk penyelesaian masalah, sehingga dapat diasumsikan bahwa keragaman bentuk kendala atau situasi sulit para orang tua dalam mendampingi anak usia dini pembelajaran daring tidak terbatas pada perbedaan faktor sosiodemografi individu, hal ini berlaku untuk penyelesaian masalah yang digunakan dan beragamnya sitasi sulit membuat individu mencoba berbagai cara penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

 

Kata Kunci : Kendala Orang Tua, Pembelajaran Daring Anak Usia Dini, Cara Coping

 

 


Keywords


Kendala Orangtua; Pembelajaran daring Anak Usia Dini; Cara Coping

Full Text:

PDF

References


Bauman, Z. (2000). Globalizacja.Warszawa: Państwowy Instytut Wydawniczy.

Beck, U. (2002). Społeczeństwo ryzyka w drodze do innej nowoczesności. Warszawa: Scholar.

Bogunia-Borowska, M. (2009). Barwy codzienności: Analiza socjologiczna. Warszawa: Scholar.

Cenin, M. (1993). Człowiek w sytuacjach trudnych. In Treening psychologiczny. Analiza efektywnościw sytuacjach zadaniowych, edited by M. Cenin, 9-25. Wroclaw: Wydawnictwo Uniwersytetu Wrocławakiego.

Clayton, M. (2012). Zarzadzanie stresem, czyli, jak sobie radzić w trudnych sytuacjach. Warszawa: Wydawnictwo Edgard.

Cohan,S.L., Jang, K.L., & Stein, M.B. (2006). Confirmatory factor analysis of a Short Form of the Coping Inventory for Stressful Situations. Journal of Clinical Psychology, Volume 62 (3), 273-283.

Dąbrowska, A., & Pisula, E. (2010). Parenting stress and coping styles ini mothers and fathers of pre-school children with autism and Down syndrome. Journal of Intellectual Disability Research, Volume 54 (3), 266-280.

Endler, N.S., & Parker, J.D.A. (1990). Coping Inventory for Stressful Situation. Manual. Multi-Health Systems, Toronto.

Fleischman, J.A. (1984). Personality characteristics and coping patterns. Journal of Health and Social Behavior, Volume 25 (2), 229-244.

Hastings, R.P., Kovshoff, H., Brown, T., Ward, N.J., Espinosa, F.D., & Remington, B. (2005). Coping strategies in mothers and fathers of preschool and school-age children with autism. Autism: The International Journal of Research and Practice, Volume 9 (4), 377-391.

Heszen-Niejodek, I. (1997). Coping style and its role in coping with stressful encounters. European Psychologist, 2(4), 342–351.

Heszen-Niejodek, I. (2000). Stres i radzenie sobie-głoene kontrowersje. In Człowiek w sytuacji stresu, edites by I. Heszen-Niejodek and Z. Ratajczak, 12-43. Katowice: Wydawnictwo Uniwersytetu Śląskiego.

Higgins, J.E., & Endler, N.S. (1995). Coping, life stress, and psychological and somatic distress. European Journal of Personality, Volume 9, 253-270.

Hobfoll, S.E. (2006). Stres, kultura i spoleczeństwo. Gdansk: GWP.

Holyst, B. (2014). Zagrożenia ladu spolecznego. Vol. 1 & 2. Warszawa: Wydawnictwo Naukowe PWN.

Karaszewska, H., & Silecka-Marek, E. (2016). Sytuacje trudne w perspektywie jednostkowej i społecznej. POZNAŃ: Wydawnictwo Naukowe UAM.

Karnawati & Mardiharto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi. Didache: Journal of Christian Education, Volume 1 (1), 13-24.

Kosińska-Dec, K., & Jelonkiewicz, I. (1995). Sposoby radzenia sobie przez rodziców z zaburzeniami emocjonalnymi i chorobą somatyczną dziecka. Psychologia Wychowawcza 4: 337-349.

Lazarus, R.S., & Follkman, S. (1984). Stres, Appraisal and Coping. New York: Springer Publishing Company.

Lee, A. (2020). Wuhan Novel Corona Virus (Covid-19): Why Global Control is Challenging?. Public health, Volume 179, A1-A2. Diakses dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0033350620300317?via%3Di hub

Łukaszewski, W. (2015). Wielkie i te nieco mniejsze pytania psychologii. Sopot: Smak Słowa. Makarowski, R. (2008). Granice ryzyka. Paradygmat psychologiczny. Krakow: Oficyna Wydawnicza Impuls.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebarab Corona Virus Desease Covid -19. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran- secara-daring-dan bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Modrzewski, J. (2004). Socjalizacja i uczestnictwo spoleczne. Studium Socjopedagogiczne. Poznan: Wydawnictwo Naukowe.

Niewiadomska, I., & Chwaszcz, J. (2010). Jak skutecznie zapobiegać karierze przestępczej?. Lublin: Whdawnictwo Tekst.

Ostafińska-Molik, B., & Wysocka, E. (2014). Radzenie sobie w sytuacjach trudnych jako kategoria różnicująca funkcjonowanie młodzieży prawidłowo i wadliwie przystosowanej społecznie – analiza teoretyczna. Innowacje resocjalizacyjne, 113-132. Diakses dari https://ruj.uj.edu.pl/xmlui/bitstream/handle/item/2943/ostafinska-molik_wysocka_radzenie_sobie_w_sytuacjach_trudnych_2014.pdf?sequence=1&isAl lowed=y

Parczewska, T. (2020). Difficult situations and ways of coping with them in the experiences of parents homeschooling their children during the COVID-19 pandemic in Poland. International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education, Education 3 (13), 1-12.

Prabhawani, S.W. (2016). Pelibatan Orang Tua dalam Program Sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Volume V (2), 205-218.

Putra, R.S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komunika, Volume 1 (2), 1-13.

Raulkar, K.P., & Saks, N.S. (2016). Exercise and Sleep Patterns of Pre-Clerkship Medical Students and Self-Reported Stress Levels. Medical Science Educator, 26 (3), 337-341.

Razali, N.M., & Yap, B.W. (2011). Power Comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling Tests. Journal od Statistical Modeling and Analytics, Volume 2 1, 21-33.

Reykowski, J. (1966). Funkcjonowanie osobowości w warunkach stresu psychologicznego. Warszawa: PWN.

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, Volume 14 (1), 29-50.

Sari, D.A., Mutmainah, R.N., Yulianingsih, I., Astari, T., Tarihoran, & Bahfen, M. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 (1), 476-489.

Selye, J. (1978). Stres okiełznany. Warszawa:PIW.

Strelau, J. (1996). Temperament a stres. temperament jako czynnik moderujący stresory, stan i skutki stresu oraz radzenie sobie ze stresem. In człowiek w sytuacji stresu. Problemy reoretyczne i metodologiczne, edited by I. Heszen-Niejodek and Z.Ratajczak, 88-132. Katowice: Wydawnictwo Uniwersytetu Śląskiego.

Stupnicki, P. (2003). Analiza i prezentacja danych ankietowych. Warszawa: Wydawnictwo Akademii Wychowania Fizycznego.

Sztompka, P. (2003). Socjologia. Analiza spoleczeństwa. Krakow: Znak.

Tomaszewski, T. (1971). Wstęp do psychologii. Warszawa: PWN.

Tomaszewski, T. (1982). Człowiek i otoczenie. In psychologia, edited by T. Tomaszewski, 13-6. Warszawa: PWN.

Tomczak, K. (2009). Style radzenia sobie w sytuacji stresowej, przekonanie o własnej skuteczności, nadzieja na sukces u studentów rozpoczynających i kończących studia. Psychoterapia 2 (149), 67-79.

Tyszkowa, M. (1979). Funkcjonowanie dzieci w sytuacjach trudnych. Oświata i Whychowanie 6: 210-217.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.16352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya