Pengembangan E-Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI di MIS As’adiyah No. 29 Wele Kabupaten Wajo

St Rahmah, Usman ., Buhaerah ., Herdah ., H. Ambo Dalle

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran fiqih materi makanan halal dan haram kelas VI. Bahan ajar yang dikembangkan digunakan untuk memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran makanan halal dan makanan haram dan memudahkan peserta didik dalam mengakses materi. Model pengembangan ADDIE yang digunakan untuk penelitian ini terdiri dari lima tahapan (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi): (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. e-modul yang interaktif dan dibuat dengan aplikasi Canva. Setelah lolos uji validasi ahli dan materi, e-modul interaktif ini diuji cobakan pada siswa kelas VI MIS As'adiyah No. 29 Kabupaten Wele Wajo yang memiliki skala kecil berjumlah tujuh orang dan skala besar berjumlah tiga belas orang. Penelitian ini menghasilkan e-modul interaktif yang dibuat dengan aplikasi Canva Mata Pelajaran Fiqih. Uji validitas dilakukan sebanyak dua kali dan uji validitas media dengan hasil sebesar 89%. Tahap uji validitas materi dengan hasil sebesar 97,5% yang dinilai sangat baik. Uji kepraktisan produk menunjukkan bahwa e-modul interaktif yang dibuat dengan aplikasi canva memenuhi syarat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran karena menunjukkan hasil rata-rata keterlaksanaan yang diberikan oleh kedua pengamat adalah 1: 0,8 = 0,8 atau (0,5 M 1,5). Uji keefektifan produk berupa tes hasil belajar, dan hasilnya 0,8 yang termasuk pada kategori tinggi yaitu 0,7<-Gain<1. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul yang dibuat dengan aplikasi canva efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih. Hasil observasi aktivitas siswa yaitu 90% termasuk kategori 76-100% yakni sangat aktif. Hasil observasi pendidik juga menunjukkan bahwa rata-rata 92,86% pendidik berpartisipasi dalam dua pertemuan. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul interaktif aplikasi canva menunjukkan sangat baik. Selain itu, 99,38% menunjukkan hasil angket respon peserta didik dari hasil analisis menunjukkan kriteria angket respon peserta didik adalah “sangat aktif” dengan rata-rata skor 81%-100%.


Keywords


E-modul Interaktif; Canva; Fiqih

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Al-Karim

Akbar S. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Akbar. Muhammad Irfan. “Pengembangan Handout Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Latanro Enrekang,” Laporan hasil penelitian, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2018.

Amir, Safan. dan Lif Khiru Ahmadi, Konstrusi Pengembangan Pembelajaran Surabaya : Prestasi Pustaka Publisher, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Asriadi, M. “Pengembangan Modul Fisika Dasar 1 Terintegrasi Al-Qur’an pada Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar”, Skripsi Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2018.

B. Uno, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Departeman Agama RI. Sistem dan Prosedur Penetapan Fatwa Produk Halal Majelis Ulama Indonesia. Jakarta: 2013.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2010.

Dewi, Made Sri Astika. Nyoman Ayu Putri Lestari. “Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa”, dalam Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 4 No. 3 Oktober 2020.

Fahmiayumtari, Nabila. “Hukum islam tentang makanan dan minuman” diakses pada tanggal 21 juni 2023 https:/www.academia.edu/27647367/Hukum_Islam_Tentang_Makanan dan_Minuman

Fahmidah, Aufa Nur. “Pengembangan Bahan Ajar E-modul Interaktif Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Mtsn 5 Tulungagung”, Skripsi UIN Satu Tulungagung:2021.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan, Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil, Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif.

Husniah, Mahirotul. Pengembangan E-modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Turen, Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Kahfi, Askhabul. “Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa Kelas X SMAN 8 Maros”, Skripsi Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

Karlina, Isna Nisha. Cara menggunakan Canva untuk Desain Menarik diakses pada tanggal 09 Oktober 2021 dari https://qwords.com/blog/caramenggunakan-canva/.

Kurniawan, Citra. Dedi Kuswadi, Pengembangan E-modul sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Acamedia Publication, 2021.

Lestari. Cece Fitri. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Caring Community Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa, Tesis.

Leviasari, Riqqah Azzahra. “Pengaruh Fitur Aplikasi Canva Terhadap Kreativitas Desain Komunikasi Visual Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya,” Laporan Hasil Penelitian, Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2021.

Ma’rifatul, Syafutri. And Imanah, Ulil Nurul And Putri, Rizky Oktaviana Eko (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Cashier Mathematics (Camath) Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Cc 2018 Pada Materi Aritmatika Sosial,

Manik, M. Rikwan ES. dan Muhammad Zuhrsyan, “Makanan Halal dan Makanan Haram dalam Perspektif Fikih Muamalah”, dalam Jurnal Hukum Kaidah. Volume 22, No. 1.

Mardan, Azizah. Pengembangan Media Pembelajaran Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV SDN 158 Mundan Enrekang, Tesis Parepare: IAIN Parepare, 2019.

Mardapi, Teknik Penyusunan Instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra CendekiaPress, 2008.

Mardhiyana, Dewi. and Nur Baiti Nasution, ‘Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan E-Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018.

Masykur dan Siti Solekhah, Tafsir Qur’an Surah Al- Alaq Ayat 1 Sampai 5 (Perspektif Ilmu Pendidikan, Jurnal Studi Keislaman, Volume 2, No. 2 Juli 2021.

Mudloafar, Ali,,Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Najuah. Pristi Suhendro Lukitoyo. Winna Wirianti, Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Nieveen, N. Prototyping to Reach Product Quality dalam Plomp, T; Nieveen, N., Gustafson, K., Branch, R. M., & van den Akker, J (eds). Design approaches and tools in education and training. (London: Kluwer Academic Publisher, 1999.

Nizamuddin, Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi Disertai Aplikasi dan Pendekatan Analisis Jalur, Medan: Pantera Publishing, 2020.

Noviatasari, Aulia Dwi. Emy Yunita Rahma Pratiwi. “E-Modul interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Innovative: Journal Of Social Science Research, Volume 3, Nomor 3 2023.

Pelangi, Garris. “Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA, dalam Jurnal Sasindo Unpam, Volume. 8, No. 2 (2020).

Pemimaizita, "Pengembangan E-modul Berbasis Canva pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemik Covid-19 Siswa Kelas Xi Man 1 Bungo", Jurnal Pendidikan Matematika Mat-Edukasia, Volume.7, Nomor. 1 April 2022.

Prasetya, I Gede Agus Saka. “Pengembangan E-modul pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI dengan Model Problem Based Learning Di SMK N 2 Tabanan,” dalam Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Volume. 14, No. 1 2017.

Prastowo, Andi. “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif”. Jakarta: Diva Press,2015.

Presiden Republik Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,” Produk Hukum ‘UU 14-2005 Guru dan Dosen.Pdf’.

Priyanthi, Kadek Aris. and Dkk, “Pengembangan E-modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMKN 3 Singaraja),” Jurnal KARMAPATI, Volume. 6, No. 1 2017.

Noviatasari, Aulia Dwi. Emy Yunita Rahma Pratiwi. “E-Modul interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Innovative: Journal Of Social Science Research, Volume 3, Nomor 3 2023.

Putri, Riska Susila. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 2 Banda Aceh, Skripsi Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2019.

Putri, Susila. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 2 Banda Aceh, Skripsi…

Rochmad, “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika,” dalam Jurnal Kreano, volume 3, No. 1 Juni 2012.

Sa’idah, Yayat Ruhiat dan Sholih. “Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume. 13, Nomor. 1 April 2022..

Salsabila, Shafira Putri. Moh. Balya Ali Syaban. “Pengembangan E-modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar”, dalam Jurnal BasicEdu, Volume. 6, Nomor. 5 2022.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, (Jakarta: Kencana, 2010), h. 200.

Shidiq, Ricu. dan Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar”, dalam Jurnal Pendidikan Sejarah 1, Volume 9 No. 1 januari 2020.

Soleha, Aina. “Hikmah Memakan Makanan Halal”, diakses pada tanggal 21 juni 2023 dari https://www.scribd.com/document/503007800/Hikmah-Memakan-Makanan- Halal#

Suarsana, I M. "Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa", JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), Volume 2. Nomor 2 Desember 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sujono, Herman Dwi. Multimedia Pembelajaran Interaktif , Yogyakarta: UNY Press, 2017.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Sulistyawatia, Nurani. Esmar Budi, and Siswoyo Siswoyo, "Pengembangan E-modul Fisika Tegas (Tegangan, Regangan, Dan Modulus Young) Berbasis Android Dengan Pendekatan Inquiry Based Learning Pada Materi Elastisitas Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas", Volume VIII (Desember 2019), Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal).

Suryadi, Pande Gede Erick. Ketut Agustini, and Nyoman Sugihartini, "Pengaruh E-modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada", Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), Volume 6. Nomor 1 Maret 2017.

Thabroni, Gamal. Pengertian Desain Produk, Tujuan, Fungsi & Pendapat Ahli, Artikel Online Diakses dari Serupa.id https://serupa.id/pengertian-desain-produk-tujuan-fungsi-pendapat-ahli/ 2019. pada tgl 23 September 2022 pada pukul 08.32.

Triyomo, Slamet. Dinamika Penyusunan E-modul, Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2020.

Usman. Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2021

Wibowo, Dwi Edi. dan Benny Diah Mandusari, “Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian oleh Konsumen Muslim terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan”. Dalam Jurnal Indonesia Journal of Halal.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya