Membangun Karakter Generasi Digital Melalui Literasi Digital Perspektif Pendidikan Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous, 2(1), 28–38. https://doi.org/: https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458
Alwan, M. (2021). Membudayakan Literasi Digital Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Kalijaga Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 1–18. https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.150
Andriievska, V., & Shinkaryova, D. (2022). Digital and media literacy as a condition for the formation of the digital generation. New Collegium, 3(108), 50–54. https://doi.org/https://doi.org/10.30837/nc.2022.3.50
Buckingham, D. (2013). Making Sense of the ‘Digital Generation’: Growing Up with Digital Media. Self & Society An International Journal for Humanistic Psychology, 40(3), 7–15. https://doi.org/10.1080/03060497.2013.11084274
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257.
Ershova, R. V. (2019). Digital Generation: Between Myth and Reality. Russian Journal of Philosophical Sciences, 62(2), 96–108. https://doi.org/10.30727/0235-1188-2019-62-2-96-108
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Firdaus, M. F., & Fadhir, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Digital Untuk Masa Depan. Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0, 109–113.
Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–215.
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium, XI(2), 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426
Hermawan, I., Ridwan, I., Sari, B. N., Komarudin, O., & Pardinand, A. (2023). Strategi Literasi Digital Berbasis Al- Qur ’ an dalam Program NgabuburIT Relawan TIK Karawang untuk Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Karawang. Ojika: Jurnal Ilmiah Karawang, 01(1), 1–54.
Huda, M. N., Duwila, M., & Rohmadi, R. (2023). Menantang Disintegrasi Moral di Era Revolusi Industri 4.0: Peran Revolusioner Pondok Pesantren. Journal of Islamic Education, 9(1), 1–13.
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Kominfo. (2020). Ringkasan Eksekutif Seri Modul Literasi Digital Kominfo-Japelidi-Siberkreasi 2021-2024. Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Mansir, F. (2022). Problems of Islamic Religious Education in the Digital Era. At-Ta’dib: Journal of Pesantren Education, 17(2), 284–291. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8405
Marwan, H., Pandu, Y., Untari, W., Dewi, N. M., Santi, S., Dorothea, H., Indriastuti, R., Handini, O., Astuti, A., Purbayakti, I., Wijayanto, K., Joko, S., Yustina, P., & Wulandari, W. (2021). Tantangan Dan Peluang Generasi Milenial Era Pandemi. http://press.unisri.ac.id/wp-content/uploads/2021/03/FIX_A5-BOOK-CHAPTER-2021_Tantangan-dan-Peluang-Generasi-Milenial-Era-Pandemi.pdf
Rianto, P. (2019). Literasi Digital Dan Etika Media Sosial Di Era Post-Truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.8.2.24-35
Santoso, R. E., Prawiyogi, A. G., Rahardja, U., Oganda, F. P., & Khofifah, N. (2022). Penggunaan dan Manfaat Big Data dalam Konten Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 88–91.
Setia, P., & Imron, H. M. (2021). Kampanye moderasi beragama: Dari tradisional menuju digital. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Sudrajat, A. (2024). Implementasi Literasi Digital dalam Mata Pelajaran PAI. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(1), 154–162.
Suhedri, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Catleya Darmaya Fortuna.
Sujana, I. P. M., Sukadi, Cahyadi, M. R., & Sari, W. (2021). Pendidikan Karakter Untuk Generasi Digital Native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksa, 9(2), 518–524.
Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya Dalam Perspektif Social Studies (1st ed.).
Suriani, A. I. (2022). Kebijakan literasi digital bagi pengembangan karakter peserta didik. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(1), 54–64.
Ulfah, M. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.
Vie, S. (2008). Digital Divide 2.0: “Generation M” and Online Social Networking Sites in the Composition Classroom. Computers and Composition, 25(1), 9–23. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2007.09.004
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229. https://doi.org/10.30868/ei.v7i2.284
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14116
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .