Islamic Religious Education as the Main Pillar to Improve Indicators of Religious Moderation

Ikhsan Rifai, Nurhaliza .

Abstract


Terdapat kasus intoleransi dan rendahnya tingkat moderasi beragama di kalangan pelajar. Hal ini merupakan implikasi dari keberagaman masyarakat Indonesia yang plural dan beragam. Kasus-kasus tersebut perlu dihindari dengan memperkuat peran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan indikator pemahaman moderasi beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk i) Bagaimana Pendidikan Agama Islam dapat menjadi landasan utama pengembangan empat pilar moderasi beragama?, (ii) Sejauh mana kurikulum Pendidikan Agama Islam dapat diterapkan sebagai sarana untuk mendorong peningkatan keberagamaan. indikator moderasi?, (iii) Bagaimana peran guru PAI dalam mengajarkan pemahaman moderasi beragama kepada siswa?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan indikator pemahaman moderasi beragama dengan cara (i) internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, (ii) partisipasi aktif guru Pendidikan Agama Islam, dan (iii) kurikulum berbasis moderasi beragama.

Keywords


islamic religious education; moderation; religious moderation

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Afifah, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 128–141.

Aida, E. S. P. (2022). The Implementation Of Religious Moderation Based Learning In Islamic Education In Cirebon. Annual International COnference on Islamic Education for Students, 1(1). Retrieved November 27, 2023, from http://conference.iainsalatiga.ac.id/index.php/aicoies/article/view/296

Aidnay, U. (2018). Peran Guru PAI dalam Membina Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Terhadap Siswa SD Banmaong Sadao Songkhla Thailand Selatan. Retrieved November 27, 2023, from https://www.semanticscholar.org/paper/PERAN-GURU-PAI-DALAM-MEMBINA-SIKAP-TOLERANSI-ANTAR-Aidnay/0be754f96a861f652a8910a98d0fa12ee81e60ea

Aisyah, N., Mukarromah, F., Hafita, S. N., Badriya, S., Ningsih, S., & Aisyah, S. (2021). Pencegahan Sikap Intoleransi Melalui Pembiasaan Tradisi Aswaja di SMA Nurul Jadid. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 9(1), 41–48.

Alfurqan, A., & Hidayat, A. (2023). Internalization of Moderation Values in Islamic Religious Education Subjects in SMP Negeri 22 Padang. MANAZHIM, 5(1), 247–260.

Atqia, W., & Abdullah, M. S. R. (2021). The Role of Islamic Education Teachers in Instilling the Value of Religious Moderatio Amid the Polemic of Islamophobia. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 91–106.

Badi’ Rohmawati, U., & Izza, Y. P. (2022). Internalization of Religious Moderation Values in High School Based on Islamic Boarding Schools. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 66–75.

BPIP: Kasus Intoleransi di Indonesia Selalu meningkat. (2020). . Retrieved from https://bpip.go.id/berita/1035/352/bpip-kasus-intoleransi-di-indonesia-selalu-meningkat.html

Burhanuddin, N. & Khairuddin. (2022). The Radicalism Prevention Through Academic Policies at State Islamic Higher Education in Indonesia. Ulumuna, 26(2), 363–391.

Depdikbud. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.

Faizin, M., Sholeilluna, N. B., Rohmah, R. M., & Maftuhah, S. (2023). Tujuan Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(1), 122–131.

Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25.

Hakim, T. R. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moderasi Kehidupan Beragama. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 192–200.

Hanan, A., & Rahmat, A. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 55–66.

Haq, M. T., Janah, F., & Rhendica, R. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme di SMA Negeri Kota Balikpapan (Multisitus SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2). Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(1), 188–197.

Hasanah, U., & Abbas, A. (2023). Optimizing Religious Moderation through Progressive Islamic Education: A Philosophical Study. TAFAHUS: JURNAL PENGKAJIAN ISLAM. Retrieved November 27, 2023, from https://www.semanticscholar.org/paper/Optimizing-Religious-Moderation-through-Progressive-Hasanah-Abbas/e3279f3057a98c8f88365d2992ca8c06c54205bb

Hasnaini, H., Hurmaini, M., Trimadona, E., & Mukhlis, M. (2022). Penanaman Nilai-nilai Toleransi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Keritang Indragiri Hilir Riau. Islamic Education Studies: An Indonesia Journal, 5(1), 1–14.

Husna, U., & Thohir, M. (2020). Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 199–222. FITK UIN Walisongo.

Irwan. (2023). Peran Guru PAI sebagai Motivator dalam Mewujudkan Sikap Moderasi Beragama. MGMP_PAI_SMP_PINRANG, 2(01). Retrieved November 11, 2023, from https://jurnallasinrang.org/index.php/ls/article/view/8

Junaidi, & Ninoersy, T. (2021). Nilai-Nilai Ukhuwwah dan Islam Wasathiyah Jalan Moderasi Beragama di Indonesia. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 89–100.

Kementerian Agama RI. (2019a). Tanya Jawab Moderasi Beragama (Cetakan pertama.). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama RI. (2019b). Moderasi Beragama (Cetakan pertama.). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI.

Khadafi, A., & Mardiasih, K. (2021). Panduan Menyusun Kontra-Narasi dan Narasi Alternatif Untuk Toleransi dan Perdamaian. Jakarta: Wahid Foundation.

Kharisma, A., Zuhby, N. E., Purwanti, J., Widyaningrum, D., An-nisa, A. N., & Rahman, A. (2021). Arus Multikultural di Indonesia dalam Perspektif Pancasila, Islam, dan Kebangsaan. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 3(2), 109–122.

Ma’arif, A. S. (2015). Pluralisme sebagai Fakta Sejarah. Mengelola Keragaman di Indonesia. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Makruf, J., Muttaqin, I. T. Z., & Febiyana, F. F. F. (Eds.). (2021). Membincang Moderasi Beragama: Sebuah Intisari Serial Webinar. Tangerang Selatan: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat UIN Jakarta.

Malik, A., Hs, M. A., & Hindi, M. A. (2021). Religious Moderation in Indonesian Islamic Scholars Articles (pp. 103–109). Presented at the International Conference on Sustainable Innovation Track Humanities Education and Social Sciences (ICSIHESS 2021), Atlantis Press. Retrieved November 10, 2023, from https://www.atlantis-press.com/proceedings/icsihess-21/125967888

Ma’rifah, I. (2012). Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam: Sebuah Upaya Membangun Kesadaran Multikultural untuk Mereduksi Terorisme dan Radikalisme Islam (pp. 241–257). Surabaya – Indonesia. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/7606/

Muhaemin, Rusdiansyah, Pabbajah, M., & Hasbi. (2023). Religious Moderation in Islamic Religious Education as a Response to Intolerance Attitudes in Indonesian Educational Institutions. Journal of Social Studies Education Research, 14(2), 253–274.

Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88.

Mulyana, R. (2023). Religious moderation in Islamic religious educatiotextbook and implementation in Indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1).

Nada, P. S. (2019). Peran Guru PAI dalam Melestarikan Tradisi Islam Melalui Pendalaman Materi Tradisi Islam Nusantara di SMP Negeri 8 Purwokerto. Retrieved November 27, 2023, from https://www.semanticscholar.org/paper/PERAN-GURU-PAI-DALAM-MELESTARIKAN-TRADISI-ISLAM-DI-Nada/d14926c75b966ac2b4283fb24371cc035c295c2f

Nasihin, A. K., Ainol, A., & Khumaidi, A. (2023). Implementation of the Concept of Religious Moderation in Islamic Education: Study the Thought of M. Quraish Shihab. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 14(01), 1–19.

Oxford Learner’s Dictionaries. (n.d.). Moderation. Retrieved November 11, 2023, from https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/moderation?q=moderation

Portal Data Kementerian Agama. (2022). . Retrieved from https://data.kemenag.go.id/statistik/agama/umat/agama

Pradana, F. I. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Anti Kekerasan dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X dan XI SMA. Al Iman: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 4(2), 233–262.

Putri, O. A., & Nurmal, I. (2022). Aktualisasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum PAI Berbasis Merdeka Belajar. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 190–200.

Rosyada, H. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di sekolah. Al-Khos: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 55–64.

Sigit, K. A., & Hasani, I. (2021). Intoleransi Semasa Pandemi: Laporan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan 2020. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara.

Suhendi, S., Sawahel, W. A.-F., & Abdillah, K. Y. (2020). Preventing Radicalism Through Integrative Curriculum at Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 79–94.

Suyanto, B. (2021). Benih Intoleransi di Sekolah. Retrieved from https://news.detik.com/kolom/d-5347202/benih-intoleransi-di-sekolah

Tagar News. (2017). 5 Kasus Intoleransi pada Lingkungan Sekolah Indonesia. Retrieved from https://www.tagar.id/5-kasus-intoleransi-pada-lingkungan-sekolah-indonesia

Tofiqurrohman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 7(2), 179–191.

Wahyuninto, L., & Muslim, Adb. Q. (2010). MEMBURU AKAR PLURALISME AGAMA Mencari Isyarat-isyarat Pluralisme Agama dalam Al-Qur’an, Sejarah, dan Pelbagai Perspektif. Malang: UIN-Maliki Press.

Widisuseno, I., & Sudarsih, S. (2019). Penguatan Wawasan Kebangsaan sebagai Upaya Pencegahan Paham Radikalisme dan Intoleransi di Kalangan Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Salatiga Kotamadia Salatiga. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24–28. Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.

Wilson, V. (2011). Research Methods: Content Analysis. Evidence Based Library and Information Practice, 6.

Zahroh, A. (2022). Penerapan Moderasi Beragama Melalui Kurikulum Pendidikan. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 5(2), 230–243.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya