Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Tukik Dalam Meningkatkan Kreativitas Seni Anak dan Remaja di Kelurahan Bandulu Kecamatan Anyer Banten

Titi Rahmah Rahmah, Ino S Rawita, Hidayatullah Haila

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Tukik Dalam Meningkatan Kreativitas Seni Anak dan Remaja di Kelurahan Bandulu Kecamatan Anyer Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam penelitian ini untuk memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Responden dalam wawancara ini berjumlah 10 orang, termasuk pengelola TBM, ketua TBM, dan pengunjung TBM. Adapun hal yang di teliti adalah (1) Peran TBM (2) Kreativitas seni anak dan remaja TBM (3) Hambatan-hambatan yang dihadapi. Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukan bahwa TBM Rumah Tukik memiliki peran sebagai sumber pendidikan, informasi, dan hiburan bagi anak dan remaja daerah setempat melalui peran tersebut TBM Rumah Tukik menyediakan berbagai kegiatan kreativitas baik dalam bidang literasi dan kreativitas seni. Kegiatan yang sangat diminati anak dan remaja TBM Rumah Tukik salah satunya kegiatan kreativitas seni. Terbukti melalui kegiatan kreativitas seni anak dan remaja TBM aspek kreativitas meningkat khususnya adaptabilitas (adaptability), kelancaran (fluency), keaslian (authenticity), elaborasi (keterperincian), dan sensitivity (kepekaan). Namun, pada pelaksanaannya TBM dalam menjalankan fungsi dan tugasnya tidak sepenuhnya maksimal ada beberapa hambatan-hambatan yang dihadapi TBM Rumah Tukik yaitu: kesibukan anak-anak, kurangnya wawasan pengelola, serta sarana dan prasarana. Dengan demikian, TBM Rumah Tukik berperan sebagai sarana belajar serta pengembangan minat dan bakat bagi anak dan remaja dalam meningkatkan kreativitas seni mereka.


Keywords


Peran TBM; Kreativitas Seni; Anak dan Remaja

Full Text:

PDF

References


Alghiffari, F. Peranan Taman Bacaan Masyarakat Rumah Tukik Ujung Kulon Dalam Menumbuhkan Kreativitas Anak-Anak Di Desa Taman Jaya (Bachelor's thesis, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Arsyad, I. G. (2017). Minat Baca Pengunjung Taman Baca Masyarakat (Studi Pada Kafe Baca BP PAUD & Dikmas Sulawesi Selatan). Skripsi. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Hidayanto, J. 2013. Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi.

Kalida, M. 2012. Strategi Networking TBM. Yogyakarta: Cakruk Publishing.

Kalida, M. (2014). TBM di PKBM: Model dan Strategi Pengembangannya. Yogyakarta: Cakruk Publishing.

Rahayu, R., & Widiastuti, N. (2018). Upaya Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang). Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 57-64.

Rahmawati, I. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Journal UIN Syarif Hidayatullah, 4 (3).

Rahmazatullaili, dkk. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Project Based Learning. Jurnal Tadris Matematika, 10 (2), hlm. 166-183.

Rosilawati, Y., & Krisna, M. 2014. Komunikasi Organisasi pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Makna, 5(1).

Sirodjul Munir, A. H. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Minat dan Budaya Baca Di Kabupaten Ciamis. Jurnal Literasi, 3 (4).

Sitepu, B. P. 2012. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7 (1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.

Susiyanti, E. 2019. Panduan untuk Orang Tua si Anak Sehat. Yogyakarta: Laksana.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Jogjakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya