Reader Comments

Ini Alasan Lawang Sewu Menjadi Salah Satu Destinasi Populer Di Semarang

by Eka Novi (2023-03-23)


Lawang sewu adalah simbol kota Semarang. Selain desain arsitekturnya yang unik, bangunan ini memiliki nilai sejarah. Berikut sejarah Lawang Sewu dan hal-hal menariknya.

Lawang Sewu dulunya adalah kantor Kereta Api Belanda atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.  Setiap orang yang datang ke ibu kota Jawa Tengah ini biasanya menyempatkan diri untuk melalui wisata sejarah ini.

Selain Lawang Sewu ada juga berbagai tempat wisata baru yang bisa menjadi pilihan saat liburan ke Semarang. Beberapa diantaranya bisa Anda temukan di Premierlimo.net untuk destinasi wisata dan kuliner terbaru di Semarang dan juga beberapa daerah di Indonesia.

Karena arsitektur bangunan yang unik ditambah dengan cerita lokal tentang misteri tempat ini membuat banyak orang semakin penasaran. Bangunan utama Lawang Sewu dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada pertengahan tahun 1907.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya dari tahun 1916 hingga 1918, sebuah bangunan lain didirikan. Gedung ini dirancang oleh arsitek Amsterdam bernama Prof. Jakob F. Klinkhamer dan BJ. Ouendag.

Dinamakan Lawang Sewu karena banyaknya pintu di gedung ini sehingga penduduk setempat menyebutnya Lawang Sewu atau Pintu Seribu. Desain dengan banyak pintu bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara yang baik.

Bangunan ini juga memiliki ornamen kaca patri karya Johannes Lourens Schouten. Filosofi keindahan Jawa dan kejayaan kereta api. Lawang Sewu Semarang juga memiliki sudut unik lain berupa ornamen keramik melengkung di bagian balkon.

Tempat ini juga sering digunakan untuk kegiatan masyarakat seperti pameran, festival, pentas seni, pernikahan dan pemotretan. Lokasinya di Jl. Jeunesse, Sekayu, Semarang. Terletak di dekat Tugu Muda, sangat strategis dan mudah ditemukan.

Untuk menuju ke tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik kereta menuju stasiun Semarang Poncol atau Tawang. Setelah itu naik bus Trans Semarang dan turun tepat di depan pintu masuk tempat wisata ini.

Harga tiket dan jam buka Lawang Sewu Semarang  yaitu harga tiket masuk hanya Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa, Rp 5.000 untuk pelajar dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Anda bisa datang ke tempat ini mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.

Semoga informasi tersebut  bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin berkunjung ke Lawang Sewu.