Determinants of Zakat Payment Behavior through Digital Platforms in Makassar City
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R., & Wardhana, A. (2016). Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 24–32. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art3
Afandi, A., Fadhillah, A., & Sari, D. P. (2021). pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi KepercayaanTerhadap Niat Menggunakan E-Wallet DengaSikap Sebagai Variabel Intervening. Innovative: Journal of Social Science Research, 568, 568–577.
Afandi, M. Y. (2019). Antecedents of Digitizing ZIS Payments: A TAM and TPB Approaches. Journal of Finance and Islamic Banking, 4(2), 9–25. https://doi.org/10.22515/jfib.v4i2.4899
Al-Ba’iy, A. A.-H. M. (2006). Ekonomi Zakat sebuah Kajian Moneter dan Keuangan Syariah. PT. Raja Grafindo Persada.
Aminuddin, A. F., Wahid, H., & Nor, M. A. M. (2014). Kecekapan Pengurusan Kewangan dan Pengurusan Agihan Zakat: Kajian terhadap Majlis Agama Islam Johor. International Journal of Islamic and Civilization Studies, 01(2016), 35–44.
Anggresta, V., Maya, S., & Septariani, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Research and Development Journal of Education, 8(1), 153. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12090
Apidana, Y. H., Suroso, A., & Setyanto, R. P. (2020). Model Penerimaan Teknologi Mobile Payment Pada Digital Native Dan Digital Immigrant Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1542
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Pengembangan UMKM Digital di Masa. ATRABIS, 6(2), 233–247.
Astuti, W., & Prijanto, B. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat Muzaki dalam Membayar Zakat Melalui Kitabisa.com: Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior. Al-Muzara’Ah, 9(1), 21–44. https://doi.org/10.29244/jam.9.1.21-44
Audina, M., Isnurhadi, & Andriana, I. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Transaksi Keuangan Digital ( E-Wallet ). Media Riset Bisnis Dan Manajemen, 21(2), 99–116.
Baharuddin. (2022). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) pada Prilaku Pengguna Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Nasional (SIMBA) di Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Chaudry, M. S. (2016). Sistem Ekonomi Islam (Cetakan 3). Prenamedia Group.
Dalimunthe, N., & Adawiyah, A. (2020). Analisa Penerimaan Pengguna Aplikasi Revenue Assurance Pembenahan Data Pelanggan (PDP) Menggunakan Metode TAM. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 6(2), 155–160.
Driediger, F., & Bhatiasevi, V. (2019). Online grocery shopping in Thailand: Consumer acceptance and usage behavior. Journal of Retailing and Consumer Services, 48(March 2018), 224–237. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.02.005
Hasanah, U. U., & Setiaji, K. (2019). Pengaruh Literasi Digital, Efikasi Diri, Lingkungan Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Dalam E-Business. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.15294/eeaj.v13i2.17051
Ichwan, A. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui Fintech Gopay. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 129–135. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1011
Mappong, S. (2022). Transaksi Pembayaran Digital Sulsel Alami Tren Peningkatan Akhir 2021. Antara. https://www.antaranews.com/berita/2783097/transaksi-pembayaran-digital-sulsel-alami-tren-peningkatan-akhir-2021
Maudina, A. (2022). Pengaruh Belajar Digital Literasi dan Entrepreneurship Terhadap Niat Wirausaha Siswa. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 2(2), 145–157.
Mellita, D., & Noviardy, A. (2022). Pemanfaatan Platform Ekonomi Secara Digital Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Palembang Selama Masa Pandemi Covid-19. Mbia, 20(3), 265–274. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i3.1617
Muhammad Agus Yusrun Nafi’. (2020). Analisa Efektivitas Penyaluran Zakatbaznas Kabupaten Kudus. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf , 7(2), 151–165.
Muliadi, M. L., & Japarianto, E. (2021). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Behavior Intention Melalui Perceived Usefulness Sebagai Media Intervening Pada Digital Payment Ovo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 20–27. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.20-27
Novenia, A. I., & Salim, L. (2021). Apakah Lifestyle Aio, Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Mempengaruhi Intention To Use Dari Tix Id. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 16(1), 37–57. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe
Permata, R. R., Safiranita, T., Utama, Y., & Millaudy, R. A. (2021). Penerapan Doktrin Fair Use Terhadap Pemanfaatan Hak Cipta Pada Platform Digital Semasa Covid 19 Di Indonesia. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 13(1), 130–148. https://doi.org/10.28932/di.v13i1.3750
Prajogo, U. (2021). Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika Pengaruh Perceived Ease Of Use dan Perceived Usefulness terhadap Penggunaan Teknologi Marketplace dengan Attitude sebagai Variabel Intervening (Studi Pada UMKM di Kota Malang). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 7(1), 62–68. http://http//jurnal.unmer.ac.id/index.php/jtmi
Prihatini, M., & Muhid, A. (2021). Literasi Digital terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 23–40. https://doi.org/10.33367/psi.v6i1.1307
Purnamasari, D., & Firdaus, A. (2017). Analisis Strategi Penghimpunan Zakat Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Human Fallah, 4(2), 1–27.
Ramil, F. D., Nurbaiti, & Muhammad, S. (2022). Pengaruh Technology Acceptance Model dan Financial Technology Terhadap Keputusan Donatur Membayar ZIS Melalui Gopay pada Dompet Dhuafa Kota Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173. https://katadata.co.id/berita/2020/01/06/baru-83-peserta-bpjs-kesehatan-per-akhir-2019-
Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, & Vidyasari, R. (2020). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet (Studi Kasus Produk Gopay dan Link Aja pada Masyarakat Pengguna di Wilayah Jabodetabek). Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2495
Setiawati, I., Hadiprajitno, P. T. B., & Ardiansah, M. N. (2021). Perspektif Model TAM Dalam Adaptasi Pembelajaran Akuntansi Melalui E-Learning Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Akuntansi Bisnis, 19(1), 36. https://doi.org/10.24167/jab.v19i1.3471
Setyawati, R. E. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention to Use dengan Attitude Towards Using sebagao Variabel Intervening. Jurnal Ekobis Dewantara, 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Soodan, V., & Rana, A. (2020). Modeling customers’ intention to use e-wallet in a developing nation: Extending UTAUT2 with security, privacy and savings. Journal of Electronic Commerce in Organizations, 18(1), 89–114. https://doi.org/10.4018/JECO.2020010105
Syaikh, A. bin M. bin A. bin I. A. (2019). Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir, Terj. M Abdul Ghoffar E.M, Tafsir Ibnu Katsir (T. P. I. Asy-Syafi’i (ed.); Cetakan 13). Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Taherdoost, H. (2018). A review of technology accaptance models and theories. Procedia Manufacturing 22.
DOI: https://doi.org/10.26618/jei.v6i2.12815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 M Yusuf K, Rika Dwi Ayu Parmitasari, Rika Dwi Ayu Parmitasari, Abdul Wahid Haddade, Abdul Wahid Haddade