DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA BARAKKAE KEC. LAMURU KAB. BONE

paisal paisal, Abbas Baco Miro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana bentuk perilaku keagamaan remaja di desa Barakkae. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan, 2) dampak penggunaan media sosial terhadap perilaku keagamaan remaja di Desa Barakkae. Dampak negatif dan positif yang muncul dari penggunaan media sosial tersebut kemudian akan dianalisa dengan akhlak keagamaan para remaja di desa Barakkae.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk perilaku keagaaman remaja di Desa Barakkae masih kurang baik, dimana Angka penggunaan media sosial remaja di Desa Barakkae adalah tinggi. Hal ini dibuktikan dari jumlah akun yang dimiliki oleh masing-masing remaja yang banyak dan juga intensitas penggunaan media sosial yang terlalu sering dalam sehari. 2) Dampak dari penggunaan media sosial yaitu munculnya beberapa sifat yang kurang baik dari remaja yang timbul akibat terlalu sering berinteraksi di media sosial seperti malas, boros, hilangnya rasa malu, dan tidak adanya batasan di dalam penggunaan media sosial menjadikan remaja lebih sering mengabaikan hal-hal yang positif, seperti sebagian remaja sibuk mengakses media sosialnya saat adzan berkumandang di masjid dan bahkan ada sebagian remaja yang menghiraukannya.


Full Text:

PDF

References


Afifuddin,dan Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung; Pustaka Setia, 2012)

Ahmad Amin, Etika, Alih Bahasa K.H. Ahmad Ma’ruf, Cet. III, (Bulan Bintang, Jakarta, 1983)

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2012)

Asa Briggs dan Peter Burke. Sejarah Sosial Media,Dari Gutenburg sampai Internet (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2000) h.23

Asep Saeful Muhtadi dan Agus Ahmad Safei, Metode Penelitian Dakwah, (Bandung:Pustaka Setia,2003)

Bambang Syamsul Arifin, Psikologi Agama, (Bandung: Pustaka Setia, 2008)

David Holmes, Komunikasi Media, Teknologi, dan Masyarakat Terj.Teguh Wahyu Utomo (Yogyakarta:Pustaka Pelajar,2012)

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah Al-Muhaimin, (Depok:Al-Huda, 2015)

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1990)

Departemen Agama RI, Pola Dakwah dikalangan Remaja, (Bandung: Badan Litbang,1990)

Dr. Sarlito Sarwono, psikologi Remaja (Jakarta: Rajawali Pers 1991)

Hendri Pondia, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, (Jakarta: Erlangga, 2004)

Humaidi, Tata Pengarsa, Akhlak Yang Mulia, (Surabaya: Bina Ilmu, 1980)

Ing Watdiman Djojonegoro (Dalam B Soemarno), Pedoman Pelaksanaan Disiplin Nasional dan Tata Tertib Sekolah, (Jakarta: Cv.Murni Daya,1998)

John L. Espasito, The Future Of Islam, (New York: Oxford University Press, 2010)Kamaluddin Tajibu,Metode Penelitian Komunikasi, (Makassar; Alauddin University Press, 2013)

John Vivian, Teori Komunikasi Massa, terj. Tri Wibowo (Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2008)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Arkola, 2002) h.659

Lawrence Kohlberg, Tahap-Tahap Perkembangan Moral, (Yogyakarta:Kanisius 1995)

Lexi j. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2008)

Muhammad Ali dan Muhammad Asrori, Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Moh. Rifai’i, Akhlak Seorang Muslim, (Semarang: Wicaksana,1992)

Nata,Abuddin.Akhlak Taswuf, Al-Raqhib al-Asfahani.(Jakarta:Rajawali:2011)

Neon Mujahidin, Metode penelitian kualitatif (Yogjakarta: Rake Sarasen, 1998)

Novia Ika Setyani, Pengguna Media Sosial sebagai sarana komunikasi bagi komunitas, (Surakarta: Jurnal, 2013)

Ricky Nurdiana, Mengenal Social Media, dalam http://www.unpas.ac.id

Roland Roberston, Dalam Analisa Dan Interpretasi Sosiologis, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1993)

Tata Sutabri, Pengantar Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014)

Wa. Gerungan, Psikologi Sosial (Bandung: Refika Aditama,1996)

Werner J. Severin dan James W. Tankard, Teori Komunikasi Sejarah, Metode, & Terapan DiDalam Media Massa Terj. Sugeng Hariyanto (Jakarta:Kencana Prenada Media Group,(2011)Wirawan, Sarlito Sarwono, Psikologi Remaja. (Jakarta: 2008 C.V Rajawali)

William L. Rivers, Media Massa dan Masyarakat Modern Terj.Haris Munandar Dan DudyPriatna (Jakarta:Kencana Prenada Media Group,2012)

Asep Wahidin Dkk, Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Religiusitas Mahasiswa Universitas Islam Bandung, (Bandung : Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Faklutas Dakwah Universitas Islam Bandung, 2014) Karjaluoto,E. A Prime In Social Media .Http://Www.Smashlab.Com/Media/ WhitePapers/A-Primer-In-Social-Media

Http://Www.Google.Oc.Id /Amp/S/PakarkomunikasiCom/ Pengertian-Media Sosial-Menurut-Para-Ahli/Amp


Refbacks

  • There are currently no refbacks.