STRATEGI DA’I DALAM MEMBENTENGI MASYARAKAT ISLAM DARI PAHAM AJARAN NABI PALSU

husni yunus

Abstract


Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kami mengadakan observasi atau peninjauan,  serta dokumentasi di lapangan langsung tempat munculnya ajaran Ali Taeta. Adapun wawancara kami kepada tokoh-tokoh masyarakat, masyarakat biasa, serta para mantan dari pengikut ajaran alian ini. Hasil penelitian mencakup sejarah dan ajaran Ali Taeta, yang bermula di desa timbong  kabupaten banggai laut hingga ke dusun sampekonan. Adapun tanggapan masyarakat tentang ajaran Ali Taeta, berbeda-beda ada yang tidak setuju, pertengahan, dan bahkan setuju.  Kemudian strategi  para dai dalam membentengi masyarakat dari faham Alian, dai yang kami wawncarai bukan hanya dari Amcf namun dari ormas-ormas islam lainnya yang berada di Banggai Kepulauan.


Full Text:

PDF

References


Acep, Aripudin, pengembangan metode dakwah respon da’iterhadap dinamika kehidupan di kakai ceremai, cet, 1 PT Rajagrafindo persada jakarta.

Al-Qarni, Aidh Manshur bin nashir Al-Awaji, Muhammad sang idola, cet, 1, 1427 H/2006 M, La Raiba Bima Amanta (eLBA), surabaya.

An-Najjar, Amir, Aliran khawarij mengungkap akar perselisihan umat, cet, 1, 1993 M, jakarta: Lentera.

Abu dawud, kitab al-fitan wal malahim bab dzik al- fitan wa dalailuha, juz 11, Syaikh Al-Albany mengatakan shahih.

Assaf, Muhammad Ahmad, berkas-berkas cahaya kenabian, cet, 1X, penerbit Era Intermedia laweyan solo.

Ali, Hi. Fathullah, Taetang, Hi, Ali, riwayat hidup dan ajarannya yayasan Barakah 2004.

Amin, M. Djamaluddin, Agar kita tidak menuduh Syiah, cet, 1, 2014, jakarta pusat: lembaga penelitian dan pengkajian Islam (LPPI).

Departemen Agama RI, Al-hikmah Al-Qur’an dan Terjemahnya, cet, 111, Bandung: Penerbit Diponegoro, 2013.

Fuchan, Arif, Pengantar Metode Penulisan Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional, 1992.

Ibnu Taimiyah, Majmu Al-Fatawa, Juz 15, Riyadh: Matahabi Ar-Riyadh, 1985.

Ilaihi, Wahyu Komunikasi Dakwah, Cet, 1, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

I’anatut Thoifah, manajemen dakwah sejarah dan konsep, malang: 2015, medani press.

Kusnawan, Aep, Asep S. Muhtadi, H. Agus Ahmad Syafe’i, Dr. Haji Syukriadi Sambas, M.Si, Enjang AS, Dimensi Ilmu Dakwah, Cet, Agustus 2009, Bandung: Widya Padjadjaran.

Katu, Samiang, Taktik dan strategi dakwah di era millenium. lihat juga Thomas W. Arnold dengan karya tulis The Muslim Preaching of Islam, A History of the Propagation of The Muslim Faith cet, II; Delhi: Low Price publication, 1995.

Katu, Samiang, Taktik dan strategi dakwah di era millenium. lihat juga Dakwah Islam dan Pesan Moral Jakarta: Al-Amin Pres, 1997.

Katu, Samiang, Taktik dan strategi dakwah di era millenium. lihat pula Asep muhiddin dakwah dalam perspektif al-Qur’an’ bandung: pustaka setia, 2002.

Kumalabenggawi. Blogspot. Com. 2011/07/Aliran-sesat-pernah-ada–di- Banggai. Html?m=1.

KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia) ofline dan Tri Rama K, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Edisi Terbaru dan Terlengkap, Surabaya: Mitra Pelajar.

Munir, Muhammad, dan wahyu ilahi, Manajemen dakwah, edisi pertama, cet, ke-2 jakarta kencana 2009.

m.Jitunews.com/read/28621/ini-daftar-nabi-nabi-palsu-yang–mengaku-mendapat-wahyu.

Shini, Shamil, Muhammad Ibnu Saud, Imam, silsilah ta’lim al-arabiyah ligairi naatiqiinah biha mustawa robi riyad.

Al-Mundzari, Al-Hafidz Dzaqiyuddin Abdul Adzim Bin Abdul Qawi, Ringkasan shahih Muslim, cet; 11, februari 2014, sukaharjo: Insan Kamil Solo.

Al-Mubarakfuri, Syafiyyurrahman Syaikh, Sirah Nabawiyah, Cet, 1, 1997, Cet, XXXXV,Jakarta: Pustaka Al-Kautsar 2016.

M.Kompasiana.com/sulawesi/riwayat–nabi–al–taeta–dari–dusun-sampe-konan. atau lihat juaga Subandi Arya MS 08 November 2013.

Ibnu Abdul Wahab, Muhammad, edisi Indonesia mewaspada’i100 perilaku jahiliyah, cet, 1, 1426 H 2005 pustaka Elba; la raiba bima amanta,

Mukhtar, meteode praktis penelitian deskriptif kuAlitatif, cet, pertama, jakarta selatan: 2013.

As-Sidawi, Abu Ubaidah Yusuf Bin Mukhtar, Manhaj Salafi Imam Syafi’i Prinsif-Prinsif Imam Syafi’i Dalam Beragama, Cet, Ke-4, Gresik: Pustaka Al-Furqon, 2014. Lihat Juga Badr An-Nashir.Al-Mausu’ah Syi’riyyah.

Thalib, Muhammad, fatwa kontemporer ulama besar tana suci tauhid, syirik, kufur dan bid’ah, cet. Pertama, media hidayah karangasem CT III jogjakarta, 2003.

Tim ulin nuha ma’had Aly, editor Abu hanan, dirasatul firaq kajian tentang Aliran-aliran sesat dalam Islam, cet, pertama 2003, surakarta: pustaka arafah.

Taukagaklo blogspot.Com/2016/01/8-nabi-palsu-di-Indonesia-dan luar.html? m=1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.