STRATEGI DAKWAH DALAM MENJAGA KAUM MUSLIMIN DARI GERAKAN MISIONARIS

Muhammad Ramli, munir eta, Abdul Fattah

Abstract


Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan sebuah fakta empiris secara objektif  ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoritis yang kuat sesuai disiplin keilmuan yang ditekuni pada strategi dakwah dalam menjaga kaum Muslimin dari gerakan Minionaris di desa Santigi kecamatan Ongka Malino kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Adapun hasil penelitian ini ialah : 1.  Profil kaum muslimin : dari segi Pemahaman islam Aqidah dan ibadah kaum muslimin. 2. Bentuk-bentuk pergerakan Misionaris antara lain adalah  Menambahkan bagunan gereja, Membentuk kegiatan arisan ibu-ibu yang melibatkan kaum Muslimin, Melakukan pengobatan, Menikah dengan ummat Islam untuk di Kristenkan, Merayakan ulang tahun (ulta) danMerayakan tahun baru. 3. Strategi dakwah dalam menjaga kaum Muslimin dari gerakan Misionaris terbagi tiga : a. Strategi dakwah organisasi Al-Khairat yaitu : Melakukan taklim pekanan, Melakukan tablig akbar dua kali dalam setahun, Belajar Buku Barasanji. b. Jamaah Tablig melakukan khuruj, silaturrahim untuk mengajak kaum Muslimin dekat dengan Allah swt. c.  Strategi dakwah peneliti  yaitu mengajarkan buku Dirosati untuk anak-anak, mengisi taklim pada acara-acara keagamaan baik di rumah maupun di masjid, menjadi Imam shalat, serta menjadi Khotib jum’ah, Meruqiyah Dll.

 


Full Text:

PDF

References


Shaleh A, Rosyid. Manajemen Dakwah, Jakarta: Bulan Bintang, 1997

Abdul, Munir Mulkhan. Ideologi Gerakan Dakwah, Yogyakarta: Sipres, 2009

Al-Qathani, Said Bin Ali Wahanif. Dakwah Islam Dakwah Bijak, Jakarta: Gema Insani Press, 1994

Aripudin, Acep. Pengembangan Metode Dakwah, Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Aziz, Moh. Ali Aziz. Ilmu Dakwah, Jakarta: Prenadamedia group, 2016

Bachtiar, Wardi. Metode Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos, 1997

Burhan. Bungin. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Prenada Media Group, 2008

Burhanuddin, t.th. Anhar. Aliran-Aliran Yang Perlu Anda Ketahui, Ttp: PP Muhammadiyah

David, Freed R. Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Prenhallindo, 2002

David, Hunger dan Thomas L. Wheelen. Manajemen Strategi, Yogyakarta: Andi, 2003

Departemen Agama RI. Al-qur’an dan terjemahnya, Semarang: Karya Toha Putra, 2015

Haekal, Muhammad Husain. Sejarah Hidup Muhammmad, terj: Hayat Muhammad Oleh Ali Audah, Jakarta: Tintamas, 1984

Hari, Purnomo Setiawan. Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1996

Ibrahim, Khalid Ahmad. Siasat Misi Kristen Dan Orientalis, Jakarta : Gema Insani, 1996

Lembaga Al-kitab Indonesia. Al-Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, Jakarta: Salemba Raya, 1996

M, Asywadie Syukur. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, Jakarta: Media Dakwah, 1979

Mardalis. Metode Penelitian, Jakarta: Bu mi Aksara, 1995

Ma’rif, Syamsul. Pendidikan pluralisme di Indonesia, Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005

Moh, Ardani. Fiqih Dakwah, Jakarta: Mitra Cahaya Utama, 2006

Mubarak, Achmad. Psikologi Dakwah Membangun cara berfikir dan merasa, Malang: Madani Press, 2014

Munir, M dan Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah, Jakarta: Kencana, 2009

Murad. Strategic manajenem and Bussines Policy, Jakarta: Erlangga, 1994

Naim, Khalid. Organisasi Islam Menghadapi Kristenisasi, Jakarta: Gema Insani, 1999

Poerwpadarminto, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbut Balai Pustaka, 1984

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI. kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2015

Ridwan, Saftani Muhammad. Kesaksian Alkitab, Makassar: Qumran foundation, 2008

Salam, Ghazali Darus, Dakwah yang bijak, Jakarta: Lentera

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar proses pendididkan, Jakarta: Kencana Predia Media Group, 2007

Sanusi, Salahudin. Pembahasan sekitar Prinsip-Prinsip Dakwah Islam, Semarang: Ramadhani, 1964

Saputra, Wahidin. Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: Rajawali pers, 2011

Shaleh A, Rosyid. Manajemen Dakwah, Jakarta: Bulan Bintang, 1997

Sudarsono. Kamus Agama Islam, Jakarta: Rinekacipta, 1994

Top of Form

Syukir, Asmuni. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 2002

Thoifah, I’anatut. Manajemen Dakwah Sejarah Dan Konsep, Malang: Madani Press, 2015

TT, Ghazali. BC. Kamus Istilah Komunikasi, Bandung: Djambatan, 1992Top of Form

Rujukan Online :


Refbacks

  • There are currently no refbacks.