DAKWAH PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Abdul Fattah

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan berbasis pada kajian kepustakaan dengan pendekatan tafsir tematik. Sumber data utama (primer) dalam penelitian ini adalah kitab al-Qur’an sementara sumber data tambahan (sekunder) adalah berasal dari Kitab Tafsir al-Qur’an dan Buku-buku yang relevan dengan materi pembahasan. Setelah dilakukan penelusuran berdasar etimologi, maka dapat diidentifikasi istilah yang mengandung makna komunikasi verbal, baik secara denotatif maupun konotatif. Yang termasuk kategori denotatif adalah 1) Qaulan Baligha (QS. an-Nisa’: 63); 2) Qaulan Layina (QS. Thaha: 44); 3) Qaulan Ma’rufa (QS. Al-Baqarah: 235; QS. An- Nisa’: 5& 8; QS. Al-Ahzab: 32); 4) Qaulan Sadida (QS. Al-Nisa’:9; Al-Ahzab: 70); 5) Qaulan Maisura (QS. Al-Isra’: 28 ); 6) Qaulan Karima (QS. Al-Isra’: 23); 7) Qaulan Azhima (QS. Al-Isra: 40); 8) Qaulan Tsqila (QS. Al-Muzammil: 5) Sedang yang termasuk kategori konotatif adalah 1) Al-Hikmah; 2) Mau’izhah ( an-Nisa’: 66); 3) Jidal; 4) Da’wah (an- Nahl :125; Yusuf:108); 5) Nashihah ( at-Taubah: 91; al-A’raf: 21, 62,68,79,93; Hud:34; Yusuf:11; Qashas:12); 6) Taushiyah ( al-Ashr: 3); 7) Tabligh; dan 8) Ta’ziyah.

 

Kata Kunci: Dakwah, Al-quran

 

ABSTRACT

This study uses a qualitative descriptive method based on the study of literature with thematic interpretation approaches. The main (primary) data source in this study is the Al-Qur'an and the additional (secondary) data sources are derived from the Tafsir al-Qur'an and Books that are relevant to the discussion material. After a search based on etimology can be identified terms that contain verbal communication, both denotative and connotative. Included in the denotative category are 1) Qaulan Baligha (QS. An-Nisa ': 63); 2) Qaulan Layina (QS. Thaha: 44); 3) Qaulan Ma'rufa (Surah Al-Baqarah: 235; QS. Nisa ': 5 & 8; QS. Al-Ahzab: 32); 4) Qaulan Sadida (QS. Al-Nisa ': 9; Al-Ahzab: 70); 5) Qaulan Maisura (QS. Al-Isra ': 28); 6) Qaulan Karima (QS. Al-Isra ': 23); 7) Qaulan Azhima (Surah Al-Isra: 40); 8) Qaulan Tsqila (QS. Al-Muzammil: 5). Those included in the connotative category are 1) Al-Hikmah; 2) Mau'izhah (an-Nisa ': 66); 3) Jidal; 4) Da'wah (an-Nahl: 125; Yusuf: 108); 5) Nashihah (at-Taubah: 91; al-A'raf: 21, 62,68,79,93; Hud: 34; Yusuf: 11; Qashas: 12); 6) Taushiyah (al-Ashr: 3); 7) Tabligh; and 8) Ta'ziyah.

Keywords: Da'wah,  The Qur’an


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Nurdin, Ali., Akar Komunikasi dalam Al-Qur’an, Jurnal Kajian Komunikasi Vol. 2. No. 1, Juni 2014.

Jalaluddin Rakhmat, Audienta; Prinsip-prinsip Komunikasi Menurut al-Qur’an, Jurnal Komunikasi I (1).

Mulyana, Deddy., 2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruben, Brent D,Stewart, Lea P, 2005, Communication and Human Behaviour, USA:Alyn and Bacon.

Setiawan, Ebta., Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline 1,3 Edisi III (Freeware: http//ebsoft.web.id, 2010-2011).

Rohim, Syaiful., 2009, Teori Komunikasi: Perspektif,Ragam, & Aplikasi. (Jakarta: Rineka Cipta.

al-Ra>zi>, Ahmad bin Fa>ris bin Zakariya>’ al-Kazwaini>., 1399 H/1979 M, Mu’jam Maqa>yi>s al-Lugah Juz I, ditahqiq oleh Abd al-Sala>m Muhammad Ha>ru>n, Da>r al-Fikr, t.t.

al-Qusyair>, Abd al-Kari>m bin Hawa>zn bin Abd al-Ma>lik., t.th., Tafsir al-Qusyairy, ditahqiq oleh Ibrahi>m al-Basyuni>, Cet. III; Mesir: al-Hai‘ah al-Mas}riyah al-‘Ab.

Shihab, Quraish., 2000, Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Penerbit Lentera Hati, jilid 2

al-Qurtubi,Ibnu Ahmad Al-Ansori., 1867, Al-Jami’ul Ahkam Al-Qur’an, Cet. IV; Beirut: Darul Hud, juz V.

Amir M,, Etika Komunikasi Massa dalam pandangan Islam, (Jakarta: Logos, 1999),

Al-Syafi’i> Abu> Abdullah Muhammad bin Idris bin al-‘Abba>s bin ‘Usma>n bin Syafi’ bin Abd al-Mut}t}alib bin Abd Manaf al-Mat}labi> al-Karasyi> al-Makki>, Tafsir al- Ima>m al-Syafi’i>, penelitian Disertasi oleh Ahmad bin Mus}t}afa> al-Farra>n (Cet. 1; al-Mamlaka al-Arabiya al-Sa’udiyah: Da>r al-Tadmariya, 1427 H/2006 M), Juz 1, h. 391

Mustafa Al-Maraghi, Terjemah Tafsir Al-Maraghi juz 15, diterjemahkan oleh Bahrun Abu Bakar dan Herry Noer Aly, (Semarang: CV. Toha Putra, 1988), h. 235.

Muhammad bin Jari>r bin Yazid bin Kasi>r bin Ga>alib al-A, Tafsi>r al-T}abari> ditahqiq oleh Abdullah bin ‘Abd al-Muhsin al-Turki> dan Abd al-Sanad Hasan Yama>mah (Cet. 1; Da>r Hajar, 1422 H/ 2001 M), Jilid. 19, h. 195.

Quraisy Sihab, Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian AlQur’an, (Cet.I; Jakarta: Lentera Hati, 2000), h. 231.

Bahtiar Amin, Adz-Dzikro, terjemah dan tafsir juz 11-15, (Cet. III; Bandung: Angkasa, Press, 1984), h. 97.

Ahmad bin Must}afa> al-Mara>gi>, Tafsir al-Maragi (Cet. I; Mesir: Syarikah Maktabah Mus}t}afa> al-Ba>bi>, t.th.), Juz 15, h. 39.

Mustafa Al-Maraghi, Terjemah Tafsir Al-Maraghi juz 15, h. 236.

Mustafa Al-Maraghi, Terjemah Tafsir Al-Maraghi juz 15, h. 236.

Abu> Ja’far al-T{abari> Muhammad bin Jarir bi Yazi>d bin Kasi>r bin Ga>lib al-A, Tafsir al-T{abari> ditahqiq olah Abdullah bin Abd al-Muhsin al-Turki> (Cet. I; Da>r Hajar, 1422 H/2001 M), Jilid 14, h. 549.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.