Penerapan Metode CIRC Berbasis Open-Ended Dalam Pembelajaran Qira'ah Di Mts Darusa'dah Muara Enim
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.18231Abstrak
Penelitian ini membahas tantangan dalam pembelajaran Qira'ah di MTs Darusa'dah Muara Enim yang menggunakan metode konvensional sehingga belum mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperluas efektivitas penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis pendekatan open-ended dalam pembelajaran Qira'ah. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang mengintegrasikan data kualitatif dan kuantitatif melalui observasi, wawancara, serta tes pre-test dan post-test yang melibatkan 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan Qira'ah siswa, dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen meningkat menjadi 77,08 dari nilai pre-test sebesar 55,58. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode CIRC yang dikombinasikan dengan pendekatan terbuka secara efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Qira'ah.
Referensi
Fuadatun Nisa`, H. (2021). Penggunaan Circ pada Pembelajaran Qira’h (Studi Analisis pada Mahasiswa Strata Satu Pendidikan Bahasa Arab di INKAFA Gresik). Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 76–83. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.50
Haryadi Haryadi. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(2).
Hidayah, Nurul, Mukmin Mukmin, G. A. (2024). Kemampuan Abad 21 Siswa Pendidikan Menengah di Sumatera Selatan: Sebuah Tinjauan Pembelajaran Menulis Berbahasa Arab di Madrasah. Al-Muktamar As-Sanawi Li Al-Lughah Al-’Arabiyyah (MUSLA), 1–10.
Hidayah, Nurul , Mukmin, M. (2021). The Contextualization of the Verse of the Qur’an in Learning Arabic and Its Effect on the Literation Ability of UIN Raden Fatah Students, Palembang. Rigeo.
Hidayah, N. (2020). Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pskolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Taqdir, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922
Hidayah, N., Mukmin, M., & Rahma, M. (2021). Kecerdasan Dan Kepribadian Siswa di SMP IT Fathona Palembang Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara. Taqdir, 7(1), 115–130. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i1.8455
Imron, K., Nurani, Q., Ummi, M., Islam, U., & Raden, N. (2024). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Qira’ah Berbasis Wordwall Tipe Whack-A-Mole Di SMA Aisyiyah 1 Palembang. HE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024.
Irmansyah, I., & Pratiwi, L. (2021). Model Pembelajaran Seven Power Key Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp It Fathonah Palembang. Al-Mashadir, 1(1), 30–46. https://doi.org/10.30984/almashadir.v1i1.85
Jamanuddin, J. (2019). Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah bi Barnâmaj Arabindo fī al-Madrasah al-‘Âliyyah ad-Dīniyyah al-‘Ilmiyyah Izzuddin Palembang. Taqdir, 5(1), 27–48. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i1.3521
muhammad, k, Yuniar, purnama N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Maharah Kalam Berbasis Quantum Learning menggunakan Media Flip Book di Mi Al Ishlah Palembang. The 1st Arabic Teaching and Learning International Conference 2024, 27–46.
Muhammad, K. (2020). Ta’līm as-Sharf bi Kitâb Tashīl as-Sharfiyyah fil-Madrasah ats-Tsânawiyyah Ittifaqiyyah. Taqdir, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i1.5893
Muhammad, K. I. I. (2024). Utilizing Interactive Media to Enhance Arabic Literacy in Secondary School Students. IJ-ATL (International Journal of Arabic Teaching and Learning), 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/ijatl.v8i2.10364
Muhammad, K., Irmansyah, I., & Febiola, E. V. (2023). Analysis of Students’ Reading Strategies in Shaping Academic Success. IJ-ATL (International Journal of Arabic Teaching and Learning), 7(2). https://doi.org/10.33650/ijatl.v7i2.5069
Mukmin, M., Hidayah, N., Yusuf, M., & Siska, S. (2025). The Contribution of Self-Directed Learning to Arabic Language Materials to the Improvement of Students. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 8(1), 148-165.
MUKMIN, M., & HIDAYAH, N. (2018). TA’LÎM MAHÂRAH AL-QIRÂ’AH LIKULLI MARÂHIL AL-TA’LÎM. Taqdir, 3(2), 97–112. https://doi.org/10.19109/taqdir.v3i2.1768
Nazarmanto, N., & Oktafia, L. (2018). KHASHÂISH TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH BI THARIQAH AL-QIRÂAH AL-JAHRIYYAH BI MADRASAH AL-TSÂNAWIYYAH PARADIGMA PALEMBANG. Taqdir, 4(1), 107–122. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2283
Nurani, Q. (2022). Characteristics of Learning Arabic Using the Totally Physical Response Method at Palembang Elementary School. Taqdir, 8(2), 173–185. https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i2.16852
Ramadhini, Z. S., Syarifudin, A., & Qaaf, M. A. (2024). Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Evaluasi Pembelajaran Qirā ’ ah : Tantangan , Solusi dan Efektivitas. THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024 Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Evaluasi Pembelajaran Qirā ’ Ah : Tantangan , Solusi Dan Efektivitas THE 1ST ARABIC TEACHING AND LEARNING INTERNATIONAL CONFERENCE 2024, 598–619.
Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’Ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315
Sabana, R., & Imron, K. (n.d.). Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Media Pixton Komik di MTsN 1 Palembang. 16(1), 91–106.
Wasilah’ Wasilah, N Nazarmanto, ST Utami, N. H. (2024). COOPERATIVE LEARNING IN ARABIC WRITING SKILL WITH MEDIA CHAIN WORD FLAG. Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE), 25–37. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/iconie/article/view/1688
Wasilah, W. (2018). ISTIKHDÂM MU’JAM AL-HIWÂR AL-SIYÂQ AL-YAUMY ‘ALÂ TARQIYYAH RUGHBAH AL-TULLÂB FÎ AL-MUHÂDATSAH BI AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH. Taqdir, 1(1), 95–108.
Wasilah, W. (2022). The development of teaching Arabic through Higher Thinking (HoTS) for students of the Islamic Boarding School in South Sumatra. An-Nida, 10(3), 123–132.
Yuniar Yuniar, A. H. (2018). TA’TSÎR TATHBÎQ NAMÛDZAJ AL-TA’LÎM TWO-STAY TWO-STRY ‘ALA NATÎJAH TA’ALLUM AL-TALÂMIDZ FÎ TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH LISHAFFI AL-KHÂMIS BILMADRASAH AL-IBTIDÂIYYAH AL-HIJRIYYAH 2 PALEMBANG. Taqdir, 2(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: