Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP Unismuh Makassar

Asni Fardyanti

Abstract


Penelitian ini mengacu pada dua pokok permasalahan antara lain: 1. Untuk mengetahui bagaimana metode peta konsep terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode peta konsep terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Unismuh dengan mengunakan metode peta konsep. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa setelah pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata siswa 69 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 27,1% yaitu 6 orang dari 22 siswa meningkat menjadi 72,2 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 36,3% yaitu 8 siswa dari 22 siswa pada siklus I dan kembali meningkat pada siklud II dengan nilai rata-rata 80 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 77,2% dari 22 siswa. Sedangkan secara kualitatif terlihat bahwa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi perubahan sikap siswa. Hal ini dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama penelitian.

Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Pembelajaran Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Al-qur’anul Karim ,2007. Bandung. Departemen Agama

Abdul Hamid, Dkk, Malang: UIN Press,

Acep Hermawan, 2014, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaji Rosdakarya

Ahmad Muhtadi Anshor, 2009, Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode- Metodenya, Yogyakarta: Teras

Ahmad, Abu dan Uhbiyatu, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan,Jakarta: Rineka

Buzan Toni, 2005. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas, Jakarta : PT Gramedia

Buzan, Toni, 2007. Buku Pintar Mind Map untuk anak. Jakarta: PT. Gramedia

Dahar, R. W. 1989. Teori Belajar, Jakarta: Erlangga Press

Gorys Keraf, 1994. Komposisi Sebagai Pengantar Kemahiran Bahasa, Flores: PT. Nusa Indah

Horak and Gowin, 1985. Learning how to learn, Cambridge: Cabridge

Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

M. Kholilullah, 2012. Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Mukhlis Fuadi, 2010. Otomatisasi Harakat Bahasa Arab, Malang: UIN Press

Murtadha Muthahari, Fitrah, 1998. ter. Afif Muhammad, Jakarta: Lentera Basritama

Novak dan Gowin Sumaji dkk, 1985. “Learning How to Learn”

Oemar, Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Sudirman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Sutowijoyo, 2002. Penerapan Strategi Belajar Konsep

Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaksi




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats