Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Siswa Kelas Ix/A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Balassuka Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa

Imrang Imrang, Andi Fajriwati Tadjuddin, Nasruni Nasruni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IX/A Madrasah Tsanawiah Muhammadiyah Balassuka, Tombolo Pao Kabupaten Gowa sebelum dan sesudah diterapkan metode bernyanyi. Dengan Metode Observasi partisipatif, dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Untuk mengalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap siklus dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penguasaan Kosakata siswa kelas IX/A Madrasah Tsanawiah Muhammadiyah Balassuka, Tombolo Pao Kabupaten Gowa sebelum diterapkan metode bernyayi diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata siswa sebesar 76,95 %, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mereka tidak mencapai hasil maksimal karena hanya 6 yang tuntas dan 14 yang tidak tuntas dari total 20 siswa. (2) Penguasaan kosakata siswa setelah diterapkan metode bernyanyi pada siswa kelas IX/A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Balassuka, Tombolo Pao Kabupaten Gowa meningkat dengan hasil perhitungan pada siklus I didapatkan rata-rata perolehan nilai siswa 79,9 % , dan pada siklus II sebesar 84,95 %.

Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Penguasaan, Kosakata


Full Text:

PDF

References


Ahmad,Solihin Bunyamin. 2010. Panduan Belajar Mengajar Terjemah al-Qur’an, Metode Granada Sistem 4 Langkah, Granada Investa Islami.

Ainin,M. dkk. 2006. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Miyskat

Ali, Mahmud al-Samman. 1983. al-Taujih fi Tadris al-lugah al-Arabiyah. Cet. I; Qahirah: Dar al-Ma`arif

Anthony dalam Henry guntur Taringan. 2009. MetodePengajaran Bahasa I, Cet. I; Bandung: Angkasa

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Ed. Revisi.

Arsyad,Azhar. 2003. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Baroroh, R. Umi. lagu Sebagai Model Pembeajaran Bahasa Arab Untuk Anak dan Pemula, Pustaka Zeedny : tanpa Tahun.

Bland, Michael. Dkk. 2001. Effective Media Relations, terj. Syahrul, Hubungan Media yang Efektif (Cet. VII; Jakarta: PT. Erlangga.

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-qur’an.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, (cet. III; Jakarta: Balai Pustaka).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke Empat. Cet.I; Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas,. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Guntur, Henri Taringan. 1986. Pengajaran Kosakata, Bandung: Angkasa.

Hadist Riwayat Sunan Ibnu Majah. 2001. Kitab al-ilmi, Bab keutamaan Ulama’ dan anjuran mencari ilmu (Bentuk-bentuk Dar Al Fikri) Jilid 1

Hamid, Abdul. 2013. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab, Malang: UIN Maliki Press.

Hariwijaya, M. dan Bertiani Eka Sukaca. 2007. PAUD Mejelitkan Potensi Anak dengan Pendidikan Sejak Dini Bandung

Hermawan , Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cet. I ; Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hurlok, Elizabeth B. 1991. Perkembangan Anak jilid 1. Edisi ke 6. Jakarta: Erlangga

Ibrahim, Muhammad. 2020. Natakallam Bersama Naruto Samata-Gowa: Gunadarma Ilmu.

Izzan, Ahmad. 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Cet. II; Bandung: Humanivora.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Masykur, N. 2015. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Moeong, Lexy. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. cet, ke-2; Bandung: PT. Rosdakarya.

Morgan dalamMuhbib Abdul Wahab, Epistimologi dan MetodologiPembelajaran Bahasa Arab. (Cet. I; Jakarta: UIN Press, 2008).

Musbikin, Imam. 2007. Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein, Yogyakarta: PT Mitra Pustaka.

Nawawi,Hadari. 2011. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penamaan Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

R. Umi Baroroh, lagu Sebagai Model Pembeajaran Bahasa Arab Untuk Anak dan Pemula, (Pustaka Zeedny)

Rose , Colin dan Malcolm J. Nicholl. 1997. Accelerated Learning for the 21 st Century. London: Judy Piaktus.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar Dua Aspek dari Satu Proses yang Disebut Pendidikan Cet, III; Makassar: Badan Penerbit UNM.

Schereens, Jaap. 2003. Improving School Efektiveness, terj. Abas al-Jauhari, Peningkatan Mutu Sekolah (Cet. I: logos.

Sheppard, Philip. 2007. Musik Makes Your Child Smarter: Peran Musik Dalam Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soetopo, Hendyal dan Wasty Soetomo. 1986. Pembinaan dan Pengembangan sebagai Subtansi Problen Administrasi Pendidikan Cet, I; Jakarta: PT Bina Aksara.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan anak Usia Dini Yogyakarta: Hikayat.

The Riyanto dan Martin Handoko. 2005. Pendidikan Pada Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Unggul, Jasa Muliawan. 2009. Manajemen Play Group Dan Taman Kanak-kanak, Yogyakarta: Diva Press.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metode Penelitian Sosial. Ed. 2. cet, ke-1; Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, Muhbib Abdul. 2008. Epistemologi dan metedologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta:lembaga Penelitian UIN syarif Hidayatullah.

Wahyudi, Agus. 2014. Aku Cinta Bahasa Arab Kelas II MI,Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Yusuf , Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (Jakarta : Raja Grafindo Persada).




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.5929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats