Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab Melalui Metode muhawarah (Dialog) Pada Siswa Kelas XI MA Al-Hidayah Lemoa Kec. Bontolempangan Kab. Gowa
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Muhawarah (dialog) dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab siswa kelas XI MA Al-Hidayah Lemoa Kec. Bontolempangan Kab. Gowa. Untuk mendapatkan data yang diinginkan, digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik trianggulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas XI MA Al-Hidayah Lemoa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode Muhawarah (dialog) mengalami peningkatan. Perbandingannya dapat dilihat dari hasil belajar siswa di siklus I dan II. Dimana hasil belajar di siklus I pada awalnya yaitu nilai terendah pre test siswa 50 dan nilai terendah dari post test 65, sedangkan nilai tertinggi pre test 78 dan nilai tertinggi post test 88, dengan 75 hasil rata-rata nilai pre test 67 dan hasil rata-rata nilai post test 78, nilai rata-rata tersebut menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa masih kurang. Adapun di siklus II yaitu nilai terendah pre test 80 dan nilai post test 70, sedangkan nilai tertinggi pres test 85 dan tertinggi post test 98, dengan hasil rata-rata nilai pre test 82 dan hasil rata-rata nilai post test 83. Sehingga hasil rata-rata nilai tersebut termasuk kategori baik.
Kata Kunci: Metode Muhawarah, Berbahasa Arab
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Agama RI. 2016. AL-Qur’an dan Terjemahnya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Ansor Muhtadi Ahmad. 2009 Pengajaran Bahasa Arab Media Dan Metode-Metodenya.Yogyakarta: Teras.
Asrori Imam. 2011. Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Arikunto Suharsimi. dkk . 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Ansor Muhtadi Ahmad. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.
Djamarah Bahri Syaiful & Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Echols M. John dan Shadily Hassan.2010. Kamus Inggris Indonesia.Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Falah Ahmad. 2013..Dimensi-Dimensi Keberhasilan pendidikan bahasa Arab di SD NU Mafatihul Ulum Demangan Kudus. Jurnal Arabia.
Ghazali Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif Interaktif. Bandung. PT Refika Aditama.
Hadjar Ibnu. 2009. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hermawan Acep. 2011. Metedolodi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ilyan Mahmud Fuad Ahmad. Al-Maharat al-Lughawiyah 1992. Mahiyatuha wa Thara’iq Tadrisiha. Riyadh: Dar al-Muslim Li al-Nasyr wa alTauzi.
Lampiran Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia. 2008, tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Muhamad Abubakar. 2004. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Usaha Nasional.
Muslich Masnur. 2009. Melaksnakan PTK Itu Mudah Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyanto Sumadi. 1999. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Islam. Jakarta: Proyek Pengembangan.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2010, mushaf Alquran Al-Karim dan terjemah (Jakarta, PT Gramasurya.
Rosyidi Wahab Abdul. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang.
Rosyidi Wahab Abdul. & Mamlu‟atul Ni‟mah, 2011.Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah Muhibbin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sudjana Nana. 2010, Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.
Sulastri Sri. 2011, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi. Desember Oleh UIN Alauddin University Press.
Suja’I. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab.Semarang: Walisongo Pers.
Tarigan Guntur Hendri. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbaha Bandung: Angkasa.
Yunus Mahmud. 2000, Metodik Khusus Bahasa Arab Bahasa Alquran. Jakarta: PT.Hd idakarya Agung.
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.5927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats