Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar

Aisi Nurmalaysia, Muhammad Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab di MA Muallimin Muhammadiyah Cabang Makassar khususnya di kelas XI MIPA. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas XI MIPA MA Muallimin Muhammadiyah Makassar. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil pra siklus yaitu 60,2% kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 72,3% dan ketika dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 86,5%. Total peningkatan yang terjadi dari pra siklus sampai siklus II meningkat menjadi 26,8% yaitu dari 72,3%  menjadi 86,5%.

Keywords: Metode Bernyanyi, Kosakata, Bahasa Arab.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.5924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats