IMPLIKASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TIPE ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ARQAM GOMBARA MAKASSAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara. 2) Hasil implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen utama dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan catatan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Darul Arqam Gombara sejumlah 23 orang 1 orang guru bahasa Arab sehingga jumlah total sebanyak 24.
Hasil test menunjukan kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata 9,43 pada keseluruhan aspek. Sedangkan kelas kontrol pada saat postesst memperoleh nilai rata-rata 11,48. Setelah membandingkan harga thitung dan ttabel diperoleh bahwa thitung> ttabel (51,25>1,717) artinya H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Gombara Makassar “.
Kata Kunci : Implikasi, Round Table, Membaca teks
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka cipta Azizah
Hasanah, Anisatul 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Bandung: Remaja Rosdakarya.
El-haq baihaqi lazuardi jefri , Wihdan 2015. Implementasi direct metode dalam meninkatkan kemampuan membaca teks Bahasa Arab Sukarta: Universitas muhammadiyah sukarta
Fathurrohman. Muhammad, 2015, Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013; Strategi Artenatif pembelajaran di Era Global Yogyakarta : Kalimedia
Guntur tarigan, Hendri 1990. Pengajaran kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa
Hermawan, Acep 2001. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: Remaja Rosdakarya
Hosnan,, 2002 Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Bogor :Ghalia Indonesia
Huda, Miftahul 2015. Kooperatif learning Yogyakarta: pustaka belajar.
Lely, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Koperative Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman skiripsi: Universitas Negri Makassar
Majid, Abdul 2014. Strategi Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya
Mariam, Sitti, 2011. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap hasil belajar matematika siswa jenjang analisis dan sintesis Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Poewadarmita,W.J.S 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Apollo Lestari Surabaya
Rahmawati, Ana 2009. Evektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran
Sanjaya,Wina, 2009. Strategi Pembelajaran beroriontasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana
Slameto, Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudijono, Anas, 2007. Pengantar statistik Pendidikan Jakarta: PT, Rajagrafindo persada
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Administratif Alfabeta: bandung
Suprijono, Agus . Kooperatif Learning Yogyakarta : pustaka belajar
Tawil, Muh. Model pembelajaran Sains. Makassar: Badan Penerbit UNM
Triyanto,2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Konstrutivisme Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Yamin, Martinin 2007. Kiat membelajarkan Siswa jakarta : Gaung persada press.
Zulaiha, Elvie 2005. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model round table
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats