IMPLIKASI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI TIPE ROUND TABLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ARQAM GOMBARA MAKASSAR

Sri Devi Sri Devi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara. 2) Hasil implikasi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa MTs Darul Arqam Gombara.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen utama dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan catatan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Darul Arqam Gombara sejumlah 23 orang 1 orang guru bahasa Arab sehingga jumlah total sebanyak 24.

Hasil test menunjukan kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata 9,43 pada keseluruhan aspek. Sedangkan kelas kontrol pada saat postesst memperoleh nilai rata-rata 11,48. Setelah membandingkan harga thitung dan ttabel diperoleh bahwa thitung> ttabel (51,25>1,717) artinya H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Gombara Makassar “.

Kata Kunci : Implikasi, Round Table, Membaca teks


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka cipta Azizah

Hasanah, Anisatul 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Bandung: Remaja Rosdakarya.

El-haq baihaqi lazuardi jefri , Wihdan 2015. Implementasi direct metode dalam meninkatkan kemampuan membaca teks Bahasa Arab Sukarta: Universitas muhammadiyah sukarta

Fathurrohman. Muhammad, 2015, Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013; Strategi Artenatif pembelajaran di Era Global Yogyakarta : Kalimedia

Guntur tarigan, Hendri 1990. Pengajaran kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa

Hermawan, Acep 2001. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: Remaja Rosdakarya

Hosnan,, 2002 Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Bogor :Ghalia Indonesia

Huda, Miftahul 2015. Kooperatif learning Yogyakarta: pustaka belajar.

Lely, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Koperative Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Membaca Pemahaman skiripsi: Universitas Negri Makassar

Majid, Abdul 2014. Strategi Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya

Mariam, Sitti, 2011. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap hasil belajar matematika siswa jenjang analisis dan sintesis Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Poewadarmita,W.J.S 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Apollo Lestari Surabaya

Rahmawati, Ana 2009. Evektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran

Sanjaya,Wina, 2009. Strategi Pembelajaran beroriontasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana

Slameto, Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudijono, Anas, 2007. Pengantar statistik Pendidikan Jakarta: PT, Rajagrafindo persada

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Administratif Alfabeta: bandung

Suprijono, Agus . Kooperatif Learning Yogyakarta : pustaka belajar

Tawil, Muh. Model pembelajaran Sains. Makassar: Badan Penerbit UNM

Triyanto,2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Konstrutivisme Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Yamin, Martinin 2007. Kiat membelajarkan Siswa jakarta : Gaung persada press.

Zulaiha, Elvie 2005. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model round table




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats