PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR

Rahmi Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar?, 3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran  mufradat  bahasa  Arab pada  siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengesksplorasi data yang dilapangan dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran  secara  tepat  dan  jelas  tentang  penerapan  metode  mimicry memorization

Hasil Penelitian diperoleh data bahwa: 1) Penerapan Metode mimicry berdasarkan pengamatan peneliti, sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedur pelaksanaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode mimicry adalah yang pertama kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut sebagai penunjang dan pendukung kegiatan pembelajaran . Faktor yang kedua adalah Minat siswa karena pada dasarnya minat dan ketertarikan seseorang  terhadap suatu dianggap menyenangkan bagi individu tersebut. Faktor ketiga adalah perhatian siswa ialah suatu keaktifan jiwa peserta didik dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan faktor terakhir adalah aktifitas siswa ialah segala kegiatan siswa pada saat pembelajaran mufradat bahasa Arab. 3) Upaya-upaya yang lakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan Metode mimicry memorization  Memilih metode yang  sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa dan ruangan kelas harus efektif karena sangat mempengaruhi proses pembelajaran.

 

Kata Kunci : Penerapan, Mimicry-Memorization, Mufradat


References


AL-QUR-AN, 2012,Transiliterasi Perkata dan Terjemahan Perkata (Bekasi: Cipta Bagus Segara).

Arsyad, Azhar,2010,Bahasa Arab dan Metodepengajarannya,(Yogyakarta :Pustaka Pelajar).

Asrofi, Syamsudin, dkk, 2006, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pokja).

Bahri, Syaiful Djamaroh Dan Aswanzein,1997, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta :Rineka cipta).

Bahriah Siti Dkk, 2008 Afak Arabiyyah, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Chaedar Alwasilah, 2011 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Chaer, Abdul, 2009, Psikolinguistik Kajian Teoritik,(Jakarta:PT.Rineka Cipta)

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka Fuad, Ahmad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang :Misykat, 2005.

Henry, Guntur Tarigan, 2008, Menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa (Bandung Angkasa).

Hermawan, Acep, 2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (Bandung PT, Remaja Rosdakarya)

M.Abdul, Hamid,Dkk Pembelajaran Bahasa Arab,Metode,Strategi, Materi,Dan Media.

Margono, 2000 Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Muhammad Arif, Tiro.2008 Dasar-dasar statistik. Makassar: Adire Publisher Undanf-undang guru dan dosen (UU RI No.14.thun 2005 pasal 10 ayat 1)

Muna, Wa. 2009. Metode Pembelajaran Bahasa Arab teori Dan Aplikasi.Yogyakarta :Teras.

Mustofa, Bisri Dan Abdul, Metode Dan Satrategi Pembelajaran Bahasa Arab(UIN Malang Press.).

Pranowo, Analisis Pengajaran Bahasa :Untuk Maha Peserta Didik Jurusan Bahasa Dan Guru Bahasa, (Yogyakarta : Gadjah Mada University Press).

Sugiono, 2016 Metode Penelitian pendidikan, (Bandung :Alfabeta) Setiyadi, Bambang, Metode penelitian untuk pengajaran Bahasa Asing : pendekatan Kuamtintatif dan Kualitatif.

Wahab, Abdul Rosydi, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab.

Zaenuddin, Radliyah,2005 Metodologi Dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Pustaka Rihlah Group.

Zaini Hisyam, dkk, 2008. Strategi Pembelajaran aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani)




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats