IMPLEMENTASI BRAILLE BERBASIS MEDIA CARD HURUF HIJAIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA TUNANETRA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 MAKASSAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui penerapan Braille berbasis media card huruf hijaiyyah dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra, 2) Mengetahui manfaat penerapan Braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan angket, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Braille berbasis media card huruf hijaiyyah menggunakan enam titik pola. Siswa meraba pola mulai dari ujung kanan atas sampai pola ujung kiri bawah huruf hijaiyyah yang terdiri 29 huruf. Dalam penerapannya siswa merasa sangat terbantu, selain untuk belajar Bahasa Arab juga untuk membaca Al-Qur’an. 2) Manfaat media card huruf hijaiyyah pada tunanetra siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Makassar dintaranya yaitu a) Braille dapat membantu penyandang tunanetra dengan tulisan timbul yang mampu mempermudah siswa dengan belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga untuk membedakan huruf hijaiyyah yang satu dengan huruf hiajiyyah lainnya siswa lebih cepat untuk menebak dan mengetahui hurufnya. b) Siswa lebih fokus
Kata Kunci : Implementasi, Braille, Media Card, Huruf Hijaiyyah, Tunanetra
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’anul Qarim, 2011. Jakarta. Baitul Mall Hadayatullah
Al-Qur’an dan Terjemahan, 2008. Bandung. Cv Penerbitan Diponegoro
Azhar, Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fakultas Agama Islam. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 2015. Makassar
Farid. 2007. Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Kartini. 2011. Tafsir Tarbawi 1. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada
Mardan. 2009. Al-Qur’an. Bogor: PT. Gramedia Utama.
Mardan. 2010. Al-Qur’an sebuah pengantar. Bogor: PT. Gramedia Utama
Margono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sayyid, Muhammad.2009. Tafsir Wa-ulumuhu. Bandung: Bina Cipta
Arsyad. 2002. Huruf Hijaiyyah. diaksesdi http://Islamnyamuslim.com
Fitriyah. 2007. Keterbatasan Fisik. Di akses di http://definisi-menurut-para-ahli/
Hendry. 2010. Menulis. Diakses di http://Pengetian menulis.com/
Semi. 2013. Tulisan. Diakses di http://Ide-kreatif-dalam-tulisan.com
Syaiful. 2014. Media dan jenis media. Diakses di http://.Pengertianahli.com/07 tanggal 16 Juli 2018 Pukul 10.45 WITA.
Sinaga, Hadiati. 2014. Kemampuan membaca. Di akses dihttp:// Kemampuan-membaca-menurut-para-ahli.html
Sugiyono, 2014. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sudrajat, Ahmad. 2014. Kemampuan Membaca. Diakses di http://.Duniapelajar.com
Anung. 2011. Tunanetra. Diakses di http://Pengertiantunanetra.com/
Tarigan. 2013. Media Tulisan. Diakses di http://Pengertian tulisan menurut para ahli.com/
Ulil. 2012. Huruf Hijaiyyah. Diakses di http://wenru/menu/hurufhijaiyyah.html
Zain, Muhammad. 2014. Keterampilan. Diakses di http://Pengertian keterampilan membaca menurut para ahli.com
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats