PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CAMTASIA STUDIO” UNTUK MAHAROTUL KALAM DI PKPBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG SELAMA PANDEMI COVID-19

Supriyanto Supriyanto, Very Erawanto

Abstract


Pada era new normal pandemi Covid-19 telah terjadi banyak perubahan kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah belajar dari rumah. Dan untuk menunjangpembelajaran daring secaralancar, menarik, danmenyegarkan,dosen PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dituntut untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab khusunya maharah kalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Sofware“Camtasia Studio” dalam pembelajaranbahasa Arab khususnya media pembelajaran maharah kalam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiserdan Mollenda yang terdiri dari lima tahapan, yaitu (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dari penelitian yang sudah diujikan dengan menggunakan Camtasia Studio pada beberapa  tenaga ahli diperoleh keterangan sebagai berikut: (1) Analisis kelayakan media  dari ahli materi 80%, (2) Analisis kelayakan media dari Ahli Media adalah 96,5%, (3) Analisis kelayakan media dari ahli pembelajaran/Dosen adalah 92,7%. (4) Adapun Analisis kelayakan media dari aspek kenyamanan mahasiswa 0.6731. Dalam skala Likert prosentase 80% dari perolehan analisis dari tenaga ahli tersebut dikategorikan valid/layak. Sedangkan analisis kelayakan media dari aspek kenyamanan mahasiswa 0.6731 menurut makna koefisiensi korelasi Product moment maka dapat dikategorikan cukuplayak. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Camtasia Studio untuk Maharoh Kalam di PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang selama Pandemi Covid-19 ini dikatakan efektif

Keywords: Pembelajaran, Camtasia Studio, maharoh kalamdan PKPBA


Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. M.A. 2006.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Aripin. 2009. Step by Step Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio. Bandung: Oase Media.

Ashar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Asrori, Imam dan Ahsanuddin, Moh. 2015. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtera.

Arikunto, Suharsimi. 2006.Dasar-DasarEvaluasi Pendidikan), Jakarta: Bumi Aksara.

Asnawir & Bayiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Amalia, Kiswah. 2013. Analisis Dampak Negatif Camtasia Studio Sebagai Media Pembelajaran, JurnalIlmiah,

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.

Dariyadi, Moh Wahib (2016). Penggunaan Software “Camtasia Studio” sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT. Proseding Konferensi Nasional Bahasa Arab II.

Iskandar Putra1, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video CD Interaktif Multimedia untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Vol. 6 No. 1.

Fauzi, Ahmad. 2019. Peningkatan Kemampuan Membuat Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi “Camtasia Studio” Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Alfauzana: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasa araban. UIN SBY. Vol. 3.No. 2.

Munadi, Yuhdi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. (Jakarta: GP Press.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana dan A. Rivai, 2002. Media Pengajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabheta: Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. 1997. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Achsin. 1986. Media Belajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.4523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats