INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Andi Fajriwati Tadjuddin

Abstract


Abstract

Every people basically has the ability to master every language, even in different levels and drives. While the differences are:  the teaching objectives to be achieved, basic skill , self motivation, and interest and persistence. Therefore, to achieve Arabic language ability easily, it needs some innovation in Arabic language teaching and learning process. The innovation in the teaching Arabic language process is by using technology that is growing rapidly this present. The utilization of technology in foreign language learning especially Arabic language will change the academic conditions which be held so far. With this technology, the conditions that are closed and has become such a custom  which passed down from generation to generation or hereditary will be eliminated or even disappear and it can be replaced by conditions that are transparent, open, and the process of continuous learning evaluation. Some examples the use of technology in the teaching Arabic language that we can see this present is through the internet media, such as how to learn Arabic grammar, and how to improve reading and understanding, listening , speaking, and writing skills.

Keywords: Inovation, learning, arabic language

 

Abstrak

Setiap anak manusia pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menguasai setiap bahasa, walaupun dalam kadar dan dorongan yang berbeda. Adapun diantara perbedaan-perbedaan tersebut adalah tujuan-tujuan pengajaran yang ingin dicapai, kemampuan dasar yang dimiliki, motivasi yang ada di dalam diri, minat serta ketekunannya. Oleh karena itu, untuk mencapai kemampuan bahasa Arab dengan mudah, dibutuhkan inovasi dalam proses pengajaran bahasa Arab. Adapun inovasi dalam pengajaran bhaasa Arab dewasa ini yaitu pemanfaatan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Arab tanpa disadari akan mengubah kondisi akademik yang berjalan selama ini. Dengan teknologi ini kondisi-kondisi yang sifatnya tertutup dan telah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun menjadi tersingkirkan atau bahkan lenyap dan digantingan oleh kondisi-kondisi yang bersifat transparan, terbuka, serta adanya proses evaluasi pembelajaran yang berkelanjutan. Adapun contoh pemanfaatan teknologi dalam pengajaran bahasa Arab yang bisa kita lihat saat ini yaitu melalui media internet, diantaranya bagaimana cara belajar tata bahasa Arab, dan bagaimana cara peningkatan kemampuan membaca dan memahami, mendengarkan, berbicara, serta menulis.

Kata Kunci: inovasi, pembelajaran, bahasa Arab

 


References


Abdurrahman al – Qadir Ahmad. 1979. Thuruqu Ta’alim al – Lughah al – ‘Arabiyah, Maktabah al – Nahdah, al – Mishriyah, Kairo.

Ahmad al – Sya’alabi. 1961. Tarikh al – Tarbiyah al – Islamiyah, Cet. 11, Kairo: tnp.,

Ahmad Syalaby. 1983. Ta’lim al – Lughah al ‘Arabiyah lighairi al – ‘Arab, Maktabah al – Nahdhah al – Mishriyah, Kairo

Anis Farihah. 1983. Nazhriyaat Hal Lughah, dar al – Kitab al – Ubnany, Beirut, dar al – Kitab al – Ubnany.

Ibrahim Muhammad ‘Atha. 1416 H. Thuruqu Tadris al – Lughah al – ‘Arabiyah Wa al – Tarbiyah al – Diniyah, Maktabah al – Nahdhah al – Mishriyah, Kairo.

Jassem Ali Jassem. 1996. Thuruqu Ta’lim al – Lughah al – ‘arabiyah Li al – Ajanib. Kuala Lumpur : A.S Noorden.

Kamal Ibrahim Badri dan Mahmud Nuruddin. 1406 H. Nadzkarah Asas al – Ta’lim al – Lughah al – ajnubiyah, LIPIA, Jakarta.

Muhammad Jawwad Ridla. 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (perspektif sosiologi-filosofis). P.T Tiara Wacana, Yogyakarta.

Munir M.Ag. 2005. Pengajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing. yang terkumpul dalam buku yang berjudul Rekonstruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam. Global Pustaka Utama, Yogyakarta.

Munir, Nizhamu. 1996. Ta’lim al – Lughah al – ‘Arabiyah fi al – Ma’had al – Islamiyah, Darul Huda, Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats