IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA KOTA MAKASSAR

Sri Putri Megawati, Abd Rahim Razaq

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan  pada  mata  pembelajaran  bahasa  Arab  di  MTs  Darul Arqam Muhammadiyah Gombara dan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran aktif, kreatif efektif dan menyenangkan pada mata pembelajaran bahasa Arab di Mts Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Jenis yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam mengumpulkan data yaitu: pedoman observasi, pedoman wawancara dan catatan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) telah diterapkan di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara pada mata pelajaran bahasa Arab. Hasil  penerapan pembelajaran  aktif,  kreatif,  efektif  dan menyenangkan pada mata pelajaran bahasa Arab di MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara sangat baik, hal ini dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pembelajaran bahasa Arab serta interaksi antara guru dan peserta didik, sesama peserta didik, guru serta sumber belajar dengan penerapan pembelajaran aktif,kreatif, efektif dan menyenangkan berlangsung secara baik.

Kata kunci:Implementasi, PAKEM, Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama Republik Indonesia. 2003. Al Quran Dan Terjemahanya. Bandung: Syaamil Media

Abu Achmadi, Cholid Narbuko. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Ahmadi Khoiru Iif. 2011. PAKEM Gembrot. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Beetlestone. 2011. Creative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. Jakarta: Nusa Media

Depdiknas Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta: Balai Pustaka

Hadi,Sutrisno. 1983. Metodologi Research. Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologis UGM

Hasbullal. 2012. Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Pembina Pusat Kamus Penyusun Tim. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sudiyono. 2006. Strategi Pembelajaran Partisipatori Di Perguruan Tinggi. Malang: UIN Malang

Suprijono, 2010), 7 Tips Aplikasi PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Yogyakarta : Diva Press.

Suryosubroto. 2009. Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Reneka Cipta

Ardi, Widodo Sembodo. Dkk. 2006. Pedoman Penulis Skripsi Jurusan PBA Fakultas Tarbiyah. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.