PENGARUH PEMBELAJARAN TEBAK KATA TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI SMP INTEGRAL HIDAYATULLAH PALOPO

DOI: https://doi.org/10.26618/erc04p45

Authors

  • alfira sari rasdin INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO

Abstract

Abstract

This study aims to analyze the impact of the word-guessing learning method on enhancing the memorization of Arabic vocabulary among eighth-grade students at SMP Integral Hidayatullah Palopo. A quantitative approach with a pre-test and post-test experimental design was employed. The research sample comprised 16 eighth-grade students. The construct validity test results indicated that 15 questionnaire items were valid, with an average score of 3.6. Descriptive analysis revealed that the average score for Arabic vocabulary memorization after implementing the word-guessing learning method reached 89.44% (categorized as excellent). The paired t-test showed a t-value of 19.27 (p < 0.05), signifying a significant difference between pre-test and post-test scores. These findings demonstrate that the word-guessing learning method positively influences the improvement of Arabic vocabulary memorization. Increased student participation in discussions and presentations significantly enhances vocabulary mastery through intensive interaction in authentic contexts.

Keywords: Arabic Vocabulary; Word-Guessing Game; SMP Integral Hidayatullah Palopo..

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap peningkatan hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Integral Hidayatullah Palopo. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test dan post test digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian terdiri dari 16 siswa kelas VIII. Hasil uji validitas konstruk menunjukkan bahwa 15 item pernyataan kuesioner valid dengan nilai rata-rata 3,6. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hafalan kosakata bahasa Arab setelah penerapan metode pembelajaran tebak kata mencapai 89,44% (kategori sangat baik). Uji t berpasangan menunjukkan nilai t = 19,27 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test. Temuan ini membuktikan bahwa metode pembelajaran tebak kata berpengaruh positif terhadap peningkatan hafalan kosakata bahasa Arab. Partisipasi siswa dalam diskusi dan presentasi yang meningkat berkontribusi secara signifikan terhadap penguasaan kosakata melalui interaksi intensif dalam konteks autentik.

Kata Kunci: Kosakata Bahasa Arab; Permainan Tebak Kata; SMP Integral Hidayatullah Palopo

References

Jannah, Bambang Perastyo, Metodologi

Penelitian

Kuantitatif.

Rajagrafindo Persada, 3 (2016)

PT

Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin

Lubis, ‘Urgensi Pembelajaran Bahasa

Arab Dalam Pendidikan Islam’,

Jurnal Simki Pedagogia, 6.1 (2023),

–91

Downloads

Published

2025-06-04