INTEGRASI LINGUISTIK, METODOLOGI PENGAJARAN, DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB: PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.17560Abstract
Penelitian ini mengkaji peran integrasi linguistik, metodologi pengajaran, dan teknologi dalam meningkatkan kompetensi berbahasa Arab melalui pendekatan holistik yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kombinasi antara ketiga elemen tersebut dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik, serta memahami bagaimana penerapannya dalam konteks pendidikan bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, di mana data diperoleh melalui analisis literatur terkait penerapan linguistik, metodologi inovatif, dan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi, seperti aplikasi berbasis kecerdasan buatan, platform e-learning, dan media interaktif, dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik, sementara pendekatan pengajaran yang adaptif dan personalisasi membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, integrasi linguistik, metodologi, dan teknologi dalam pendidikan bahasa Arab menghasilkan pendekatan holistik yang efektif untuk meningkatkan kompetensi berbahasa, yang memerlukan dukungan pelatihan bagi pengajar serta kebijakan pendidikan yang mendorong inovasi agar peserta didik dapat beradaptasi dengan perkembangan global.References
Amirullah, M., & Rohman, P. S. (2024). Ontologi Ekonomi Islam Ibn Khaldun: Sebuah Pendekatan Holistik. Misykat Al-Anwar, 7(2), 1–17. https://doi.org/10.24853/ma.7.2.93-104
Bahtiar, H., Wasil, M., & Harianto, B. (2019). Digitalisasi Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Berbasis Mobile. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.29408/jit.v2i1.940
Burhan, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.
Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1). https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Ekawati, D., & Arifin, A. (2022). Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, dan Implementasi. An Nabighoh, 24(1), 111–126. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818
Haniah, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588
Hapianingsih, E., & Fadli, A. (2024). Analisis Kajian Linguistik Modern dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 7(2), 804–816. https://doi.org/10.32764/lahjah.v7i2.4638
Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536
Khotijah, & Arifin, A. (2021). Desain dan Implementasi Mobile Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. An Nabighoh, 23(1), 109–126. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.3373
Linur, R. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. AL-WARAQAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/awrq.v3i1.2946
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulazamah, S. (2024). Peningkatan Efektivitas Pengajaran Bahasa Arab melalui Pendekatan Komunikatif: Studi Kasus di Sekolah Menengah di Blora. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(2), 1183–1190. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5149
Norkhafifah, S., & Syahabuddin, N. (2022). Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Di Era New Normal. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.908
Rumidi, S. (2004). Metodologi Penelitian; Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gajah Mada University Press.
Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41
Sholeha, F. Z., & Baqi, S. Al. (2022). Kecemasan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Mahira: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i1.234
Soehadha, M. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif, Untuk Studi Agama. SUKA Press.
Susiawati, I., Zulkarnain, Safitri, W., & Mardani, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Tinjauan Pada Kompetensi Guru dan Model Pembelajaran). El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 21(1), 101–116. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v21i1.4757.
Sya’bani, M. Z. (2021). Efektivitas Metode Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i1.81
Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.
Tungkagi, F. M., Ali, I., & Kasan, Y. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Al-Fakkaar, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854
Wahyudi, H., Hidayat, H., & Hakim, S. W. (2020). Pemikiran Gramatikal Bahasa Arab Oleh Linguistik Arab (Studi Tokoh Lintas Madzhab Nahwu). Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1). https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10235
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: