INTEGRASI LINGUISTIK, METODOLOGI PENGAJARAN, DAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB: PENDEKATAN HOLISTIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amirullah, M., & Rohman, P. S. (2024). Ontologi Ekonomi Islam Ibn Khaldun: Sebuah Pendekatan Holistik. Misykat Al-Anwar, 7(2), 1–17. https://doi.org/10.24853/ma.7.2.93-104
Bahtiar, H., Wasil, M., & Harianto, B. (2019). Digitalisasi Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Berbasis Mobile. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.29408/jit.v2i1.940
Burhan, B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.
Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-Learning. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1). https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Ekawati, D., & Arifin, A. (2022). Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, dan Implementasi. An Nabighoh, 24(1), 111–126. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v24i1.4818
Haniah, H. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Belajar Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.23971/altarib.v2i1.588
Hapianingsih, E., & Fadli, A. (2024). Analisis Kajian Linguistik Modern dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab, Dan Kajian Linguistik Arab, 7(2), 804–816. https://doi.org/10.32764/lahjah.v7i2.4638
Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536
Khotijah, & Arifin, A. (2021). Desain dan Implementasi Mobile Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah. An Nabighoh, 23(1), 109–126. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v23i1.3373
Linur, R. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Sialogo. AL-WARAQAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/awrq.v3i1.2946
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulazamah, S. (2024). Peningkatan Efektivitas Pengajaran Bahasa Arab melalui Pendekatan Komunikatif: Studi Kasus di Sekolah Menengah di Blora. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 4(2), 1183–1190. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5149
Norkhafifah, S., & Syahabuddin, N. (2022). Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Di Era New Normal. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.908
Rumidi, S. (2004). Metodologi Penelitian; Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gajah Mada University Press.
Sa’ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 7(2), 1–16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41
Sholeha, F. Z., & Baqi, S. Al. (2022). Kecemasan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Mahira: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i1.234
Soehadha, M. (2012). Metode Penelitian Sosial Kualitatif, Untuk Studi Agama. SUKA Press.
Susiawati, I., Zulkarnain, Safitri, W., & Mardani, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Tinjauan Pada Kompetensi Guru dan Model Pembelajaran). El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 21(1), 101–116. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v21i1.4757.
Sya’bani, M. Z. (2021). Efektivitas Metode Langsung dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i1.81
Tohirin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.
Tungkagi, F. M., Ali, I., & Kasan, Y. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Al-Fakkaar, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854
Wahyudi, H., Hidayat, H., & Hakim, S. W. (2020). Pemikiran Gramatikal Bahasa Arab Oleh Linguistik Arab (Studi Tokoh Lintas Madzhab Nahwu). Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1). https://doi.org/10.24014/af.v19i1.10235
DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v9i1.17560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Runtoni Runtoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats