ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA ARAB MELALUI TEKNIK BERMAINPADA KELAS VIII SMPS AL FURQAN ERENG ERENG BANTAENG SULAWESI SELATAN

Riska Amalia, Fatmawati Fatmawati, Nur Fadilah Amin

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analasis tingkat penguasaan kosakata Bahasa arab pada kelas VIII melalui Teknik bermain SMPS Al -Furqan Ereng Ereng Bantaeng Sulawesi selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik observasi, wawancara dan tertulis. Dalam pengajaran bahasa terdapat empat tujuan yang akan dicapai dalam taraf keterampilan atau kemahiran yaitu keterampilan mendengar (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca(reading skills) dan keterampilan menulis (writing skills)Untuk memahami dan menguasai keempat keterampilan tersebut siswa harus menguasai perbendaharaan yang cukup dengan mengetahui perbedaharaan pola tiap-tiap kalimat maka akan mudah memahami isi dan kedudukan kalimat itu sendiri. Dengan demikian untuk memperoleh empat keterampilan sebagaimana tersebut diatas bahwa menguasai dan memahami pada tiap-tiap kalimat adalah modal utama yag harus dimiliki oleh siswa. Penguasaan kosakata tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimilikinya, semakin banyak kosakata yang dimiliki maka semakin besar juga kemungkinan untuk terampil dalam berbahasa arab Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis

Kata Kunci: Bahasa Arab, penguasaan, kosakata, melalui Teknik bermain


Full Text:

PDF

References


Agramata,E.Hamzah.M.2017. Buku Mudah Bel Ljar Bahasa Arab. Grasindo

Aziez,F.Aziez,F.2019 . Kosakata teori pengajaran dan pengukurannya. AMP tekan

Breeklestone,F.2012. Pembelajaran Kreatif. Nusa Media

Kurniawan,H,A. 2012. Pengaruh kemampuan kognitif terhadap kemampuan psikomotorik mata pelajaran produktif. Univrsitas Negeri Yogyakarta (UNY).12(2): 5-6

Lockyer,S.2014. 100 Ide Untuk Guru SD Meningkatkan Kemampuan Siswa. Erlangga: Jakarta

Matsur,M.2020. Buku Belajar Kosakata dan Kalimati. Nakkah

Nata, A.2018. manajemen pendidikan,Prenamedia Group

Nuha,u.Toanto,D.2012. Metodologi super kreatif pembelajaran bahasa arab. Diva Press:Jakarta

Nuha.U.2016. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Diva Press: Yogyakarta

Saleh,K.2021. peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pelajaran SKI,Vigi Bless

Sarwiji,B.2008. Menjadi Seorang Guru,macana jaya

Sinar,2018. Metode Active Learning. Deppublish CV budi utama;jln. Rajawali,G Elang.6 no 3

Sumatri,S,M.2015. Strategi pembelajaran. Rajawali Pers

Surasa,N.witjasono,M.utomo,H.2016. Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata plajaran ekonomi. jurnal ekonomi Pendidikan. 16(1):1-5

Taringan,G,H.2011. pengajaran kosakata. Angkasa:Bandung

Yamin,M.2008. teknik mengembangkan kemampuan siswa,Gaung Preseda Press:Surakarta,Jawa Tengah

Zulfa,A,A.2020,metode pembelajaran bahasa arab pada anak usia dini Islamic school purwokerto. IAIN.20 (1): 14-15

Zulhannan,2014. Teknik Pembelajaran Bahsa Arab Interaktif. Raja Grafindo Persada:Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i1.11983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riska Amalia, Fatmawati Fatmawati, Nur Fadilah Amin



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats