PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH

Fitriyani Ridwan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini mengetahui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dalam rangka meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Cabang Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Cabang Makassar dengan jumlah siswa 21. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Ini dapat dibuktikan pada siklus I dimana hasil belajar siswa memiliki rata-rata 68 yang masih dalam kategori kurang baik, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa memiliki rata-rata 76,5 yang termasuk kategori baik. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 23% dan siklus II 85%. Faktor yang mempengaruhi adanya peningkatan yaitu adanya pendamping yang lebih intensif, adanya motivasi dari guru mata pelajaran, dan adanya inovasi berupa alat peraga pendidikan.

Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Meningkatkan hasil belajar, Bahasa Arab


Full Text:

PDF

References


Bobbi deporte. 2000. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: kaifa

Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maurizal Alamsyah, Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping, (Jogjakarta: Mitra Pelajar, 2009), 14-15.

Muchtar, M. Ilham. “Contextual Teaching And Learning Method In Studying Arabic”. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Volume 14, nomor 1, Juni 2017.

Muhajir. “Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Cooprative Learning”, Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 3, nomor 1, Juli 2006.

Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ridwan Abdullah Sani. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Tony Buzan. (2008), Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Tony Buzan dan Barry, Memahami Peta Pikiran, (Bandung: Interaksara, 2008), 15

S. Suyanto, Dasar-dasar Pendidikan anak usia Dini, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005).




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitriyani Ridwan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats