ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN INSYA’ MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR ANGKATAN 2018

Abdul Jalil

Abstract


Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan Insya’ mahasiswa pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2018” Dibimbing oleh. Fatmawati dan Nasruni. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan Insya’ mahasiswa pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan. 2) Mengetahui apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi kesulitan Insya’ mahasiswa pendidkan bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang mengambil lokasi di Prodi Pendidkan bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Fokus utama dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kesulitan Insya’ dan upaya megatasi nya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan Insya’ diantaranya (1) Ada mahasiswa yang berasal dari sekolah  umum dan tidak memiliki dasar Bahasa Arab (2) kurangnya rasa ingin tau. Upaya yang bisa ditempuh yaitu (1) Senantiasa giat dalam belajar Bahasa Arab (2) memperbanyak perbendaharaan kosa kata (3) memperbanyak membaca buku-buku yang berbahasa Arab.

Kata Kunci: Faktor-faktor kesulitan insya’


Full Text:

PDF

References


Henry Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa, Edisi Revisi (Bandung: Angkasa, 2011)

Imam Asrori, Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori & Praktek. (Malang: MISYKAT,2014),

Kuraedah, S. Aplikasi MaharahKitabah dalm Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal al-Ta’dib8 (2015),

Nini Subini, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jakarta: Buku Kita, 2015,

Susilawati, Pengaruh Desain Bahan Ajar Bahasa Arab (Kitabah) terhadap Maharah AL-Kitaba), Skripsi (2016)

Ulin Nuha, Metodologi Super Efektif pembelajaran Bahasa Arab. (Yokyakarta: Diva Press, 2021),




DOI: https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats