MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE SENSE OF HUMOR BERBASIS EDUKATIF PADA KELAS IX.G SMPN 1 BONTONOMPO

Surya Dharma, Irianti Irianti, Khaerunisa AK., Musdalifah Musdalifah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Metode Sense Of Humor terhadap sikap peserta didik kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo dan pengaruh pendekatan Metode sense of Humor terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas yang berlokasi di SMPN 1 Bontonompo. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IX.G SMPN 1 Bontonompo sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I yang tuntas belajar dari 26 siswa terdapat 19 orang atau 73,03% dengan nilai rata-rata 64,23. Secara klasikal belum terpenuhi karena siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masih kurang dari 75%. Pada Siklus II yang tuntas belajar dari 26 siswa terdapat 20 orang atau 76,92% dengan nilai rata-rata 78,46. Secara klasikal sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu melebihi dari 75%. Persentase rata-rata siswa yang melakukan tindakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada setiap indikator ativitas meningkat dari Siklus I ke siklus II sedangkan rata-rata siswa yang melakukan aktivitas tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran menurun dari Siklus I ke Siklus II. Respon siswa pada umumnya positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika siswa Kelas IX.GSMPN 1 Bontonompo melalui metode sense of humor mengalami peningkatan.

 

Key Word : Hasil Belajar, Metode dan Sense Of Humor

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afatih.2005,https://afatih.wordpress.com/2005/10/12/perlunya-sense-of-humor-dalam- kehidupan-kita/. Dipetik Maret 15, 2015, dari wordpress: https://afatih.wordpress.com/2005/10/12/perlunya-sense-of-humor- dalamkehidupan-kita

Kristiandi. (2009). Hubungan Persepsi Sense of Humor Terhadap Motivasi Belajar Siswa. , Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sumetera Utara.

Rahaju, H. d. (2013). Indonesian Psychological Journal. Peran Sense of Humor Pada Dampak Negative Kerja.

Rionaldo. (2011, Februari). Dunia Humor. Retrieved Maret 3, 2015, fromwordpress:http://xhumorx.wordpress.com/2011

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Zulkarnain. (2009). Sense of Humor dan Kecemasan Menghadapi Ujian Dikalangan Maha siswa. Majalah Kedokter an Nusantara




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v3i1.984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PENA : JURNAL KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats