Efektifitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA

meiry akmara dhina, sugeng rifqi mubaroq

Abstract


Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran investigasi kelompok  untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan satu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional metode praktikum. Hasil penelitian menunukkan bahwa Model pembelajaran Investigasi kelompok secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional metode praktikum. Data hasil penelitian mendapatkan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,58; dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,49. N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol masuk ke dalam katagori sedang. Sedangkan pada keterampilan berpikir kritis siswa, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Keterampilan Berpikir Kritis siswa tidak berbeda secara signifikan pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data hasil penelitian mendapatkan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,01; dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,01. N-gain tersebut dalam katagori rendah. N-Gain yang sangat rendah menyatakan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok tidak dapat ditetapkan sebagai penyebab meningkatnya keterampilan proses sains siswa.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Berpikir Kritis.

 

Abstract – This study aimed to describe the effectiveness of the application of learning models investigative group to improve science process skills and critical thinking skills of high school students. The method used is quasi-experimental with a given experimental class treatment with the application of investigative learning and classroom control group with conventional learning methods practicum. The results showed that the group of Investigation learning model can significantly improve the students' science process skills compared with conventional methods of practical learning model. Data were getting N-gain experimental class was 0.58; and N-gain control class 0,49. N-gain experimental class and control class fit into the category of being. While the critical thinking skills of students, the results obtained from this study is Critical Thinking Skills of students did not differ significantly in the experimental class with grade control. Data were getting N-gain experimental class of 0.01; and N-gain control class is 0.01. The N-gain in the low category. N-Gain very low state that the investigation group learning model can not be set as the cause of increasing students' science process skills.

 

Key words: Learning Model Group Investigation, Science Process Skills, Critical Thinking Skills


Full Text:

PDF

References


Anggraini, L., Siroj, R. A., & Ilma, R. (2013). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII-4 Smp Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooterative Intergrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreatifitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria, 6(3).

Costa, A. L. (1985). Developing minds: A resource book for teaching thinking. ERIC.

Damanik, D. P. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). UNIMED.

Ennis, R. (1985). Goals for a critical thinking curriculum. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development, 68–72.

Ennis, R. H., Millman, J., & Tomko, T. N. (2005). Administration manual: Cornell Critical Thinking Tests. The Critical Thinking Co.

Fahradina, N., & Ansari, B. I. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Didaktik Matematika, 1(2).

Hake, R. (2015). R.(1999). Analyzing Change/gain Scores.

Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41–48.

Istikomah, H., Hendratto, S., & Bambang, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Listiana, L. (2013). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 10).

Presseisen, B. Z. (2008). Teaching for intelligence. Corwin Press.

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Sudibyo, A. W. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dan Inquiri terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI IPA Pada Pokok Bahasan Termokimia Tahun Ajaran 2013/2014. UNIMED.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal Pendidikan UPI, 3(2), 130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



View JPF Stats

 Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.