Komunikasi Interpersonal Komunitas Waria

Rosleny Babo, Jamaluddin Arifin

Abstract


Jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang di gunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dengan tujuan untuk memahami suatu fenomena dalam konteks sosial dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti. Hasil dari penelitian adalah komunitas waria di kabupaten banteng eksis dengan kegiatan atau pekerjaan yang mereka tekuni secara berkelompok. Komunitas waria daerah ini memiliki bentuk komunikasi interpersonal seperti kebiasaan-kebiasaan dalam berkelompok dan bahasa khusus atau  simbol yang di gunakan dalam berkomunikasi yang tidak di pahami oleh banyak orang saat bertukar informasi. Pendidikan seks diperlukan, pada kalangan usia dini. Hal ini diperlukan karena untuk memberikan penjelasan dan pengarahan, agar dapat mengidentifikasi diri sesuai dengan jenis kelamin mereka untuk mencegah terjadinya transgender.

Kata Kunci : Komunitas, Waria, Komunikasi, Interpersonal,


References


Koeswinarmo. (2004). Hidup Sebagai Waria. Yogyakarta: Lkis

Soerjono, Soekanto.(2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Indah, Mustikawati, dkk. (2013). Strategi Pemberdayaan Ekonomi Komunitas Waria Melalui Life Skill Education. .skripsi. Yogyakarta: universitas negeri Yogyakarta.

Mardha, Tresnowaty. (2007). Kesejahteraan Subjektif Waria Pekerja Seks Komersial (PSK). 2007.skripsi: universitas Gajah Mada.

Meta, Damariyanti. (2011). Agresivitas Kaum Male To Female Transeksual (waria). Skripsi: Universitas Gunadharma Yogyakarta.

Cahaya, Putra Nugraha. (2009). Proposal Penelitian Komunikasi II Pola Komunikasi Interpersonal Komunikasi Waria di Bank Indonesia. diakses di agung pers. blogspot.com. Tanggal 14 Juli 2014.

Dzulkifli, Assamarindi. (2011). Waria (Banci) dalam Syariat Islam. Artikel. di akses: 14/7/2014

Denny, Bagus. Komunikasi Interpersonal: Defenisi, Kalasifikasi,Tujuan Dan Faktoryang Mempengaruhi Efektivitas Komunikasi Interpersonal. artikel: denny bagus.blogspot.com. di akses: 14/7/2014.

Hanger, Hidayanto. (2010). Waria dari segi social. Artikel: http//:hanggerh20. blogspot. com/2010/12/waria-dari-segi-sosial.html. di akses: 14/7/2014.

Juwilda. (2009). Transgender Manusia Keragaman dan Kesetaraannya. skripsi: universitas Sriwijaya diakses http://www.Google.com. di akses: 14/7/2014.

Muammar. (2011). Waria. artikel. diakses http://www.Google.com. di akses: 14/7/2014.

Widya, Pontoh,P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Jurnal:’acta Diurma’Vol I.No.I.Tahun 2013. diakses http://www.Google.com. di akses: 14/7/2014




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i1.486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya