Analisis Implementasi Norma Akad Murabahah Bil Wakalah pada Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Sulsebar Cabang Syariah Makassar

St Walida Mustamin, Alifa Dzahabiyah Sir, Muhammad Ridwan, Abdillah Abdillah

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deksriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui proses wawancara dan dokumentasi dengan salah seorang karyawan yang bekerja pada bidang Analisis Kredit/Pembiayaan dan juga nasabah pembiayaan akad Murabahah bil Wakalah. Penelitian ini dilaksanakan di UUS Bank Sul-Selbar Cabang Syariah Makssar yang berlangsung selama dua bulan dimulai pada bulan Desember 2021 sampai Februari 2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik akad Murabahah bil Wakalah dan pengimplementasian norma akad Murabahah Bil Wakalah yang dilaksanakan oleh UUS Bank Sul-Selbar Cabang Syariah Makassar. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa praktik akad Murabahah Bil Wakalah telah berjalan sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 4/DSN-MUI/IV/2000 tentang pelaksanaan akad murabahah dan pengimplementasian norma akad Murabahah bil Wakalah telah mematuhi norma syariah yakni menghindari hal-hal yang bertentangan dengan Syariah dan pelaksanaannya telah mengikut prinsip-prinsip Syariah yaitu: Keadilan, Tolong Menolong, Kebersamaan, dan Kehalalan.

Kata Kunci: Norma, Murabahah bil Wakalah, UUS BPD Syariah Makassar

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. Departemen RI. 2005. Bandung: CV Penerbit Diponegoro

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2005. Metode Peneltian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyanti, Irni Sri Cahyanti. 2020. “Sumber dan Norma Ekonomi Syariah di Lembaga Keuangan Syariah Bank dan Non Bank”, Jurnal Shidqia Nusantara. Vol.1 No. 1.

Juhro, M Solikin dkk. 2019. Keuangan Publik Dan Sosial Islam. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Karim, Adiwarman. 2004. Analisis Fiqih dan Kuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Moeleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siyoto, Sandu dan M.Alik Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Tanzeh, Ahmad dan Suyitno. 2006. Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.