PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Sitti Saenab, Abdul Azis Muslimin, Ahmad Abdullah

Abstract


Tujuan penelitian untuk menerapkan pembaharuan model pembelajaran ketika memberikan materi PAI saat proses belajar mengajar dikelas karena pendidik masih menggunakan model konvensional yang didominasi oleh metode ceramah, sehingga mengakibatkan keenggangan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran yang menimbulkan kejenuhan dan motivasi belajar peserta didik berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua pembelajaran PAI pada Model Problem Based Learning peserta didik dapat terlibat aktif dan model tersebut sebagai salah satu alternative yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu memotivasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar PAI. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar PAI sebesar sebesar 45.6% peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dapat memberikan motivasi peserta didik untuk hasil belajar yang maksimal pada mata pelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 1 Duampanua.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Motivasi Belajar PAI

Full Text:

PDF

References


Emzir. 2013. Metodologi Pendidikan: kuantitatif dan kualitatif, (Jakarta: Rajawali Pres).

Fikri, M., & Ferdinan, F. (2017). Peranan Manajemen Boarding school Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 43-52.

Saefuddin, Asis dan Berdiati, Ika. 2016. Pembelajaran Efektif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. XXVI;Bandung: Alfabeta).

Tanjung, A.M. 2017. Jalan Sukses Menuju Pendidik Profesional, (Padang).

Usman, M., & Nurhidaya, M. (2017). Pengaruh Penguasaan Psikologi Pembelajaran terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 191-199.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.