POLA PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MTS. MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA DESA SENGKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

Fitrah Dani, Amirah Mawardi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk kegiatan ekstrakurikuler di MTs. Muhammadiyah Cambajawaya Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kab.Gowa, untuk mengetahui pola pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTs. Muhammadiyah Cambajawaya Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kab.Gowa, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Di MTs. Muhammadiyah Cambajawaya Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kab.Gowa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru serta Pembina Ekstrakurikuler. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut: Bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTs. Muhammadiyah Cambajawaya yaitu: 1) Kegiatan yang rutin dilaksanakan (Pramuka/HW, Kegiatan Keagamaan meliputi sholat dhuhur berjamaah serta kultum, dan kegiatan upacara bendera setiap hari senin). Kegiatan yang tidak rutin yaitu: tapak suci putra, pelatihan ilmu tajwid, upacara di hari-hari nasional serta peringatan hari-hari besar Islam. 2) Pola pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler antara lain pola pembiasaan, demonstrasi, keteladanan, pemberian nasehat, dan berkelompok dalam kegiatan kepramukaan. Dalam pelaksanaan pembinaan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler sudah menunjukkan karakter siswa menjadi lebih baik yang dapat terlihat dari tingkah laku siswa. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler antara lain faktor pendukung: motivasi dari siswa, dukungan dari orang tua, dan dukungan dari sekolah. Faktor penghambatnya yaitu: Pergaulan siswa, masalah waktu, jarak tempat tinggal yang jauh, sarana dan prasarana yang kurang memadai, keadaan orang tua, dan faktor kemalasan dari siswa.

Kata Kunci: Pembinaan Karakter Siswa; Kegiatan Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahan. 2005. Depok: Al-Huda.

Abdullah, Ridwan dan Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Cet.1; Jakarta: Bumi Aksara.

B, Hamzah Uno dan Masri Kudrat Umar. 2010. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Cet. 2; Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto, dkk. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Cet. 1; Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online dalam jaringan. Https://kbbi.web.id/. Diakses pada 22-12-2018.

Kusuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Gunawan, Imam. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mawardi, A. (2016). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 29-36.

MN, Rohinah. 2012. Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.

Mulyasa, H.E. 2016. Manajemen Pendidikan. Cet. 5; Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2010. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachman, Abdul Shaleh. 2005. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusmiaty. 2010. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Man Pinrang”, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. 2018. Pengantar Metodologi Penelitian. Penerbit Sibuku.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Syafi’in. 2017. “Model Pengembangan Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MI Muhammadiyah 13 Sendangagung Paciran Lamongan”, Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Diakses 14-12-2018.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet.7; Jakarta; Sinar Grafika, 2016

Usman, Husaini dkk. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yakub, Y. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 165-174.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.