INTERAKSI PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK BERPRESTASI

Abd Rahim Razak

Abstract


Abstrak

 

Rangkaian kegiatan komunikasi antara subjek didik, guru dan peserta didik. Komunikasi antara dua subjek ini dipengaruhi oleh berbagi faktor :  1) Faktor tujuan; 2) Faktor bahan/ materi , 3) Faktor guru dan peserta didik, 4) Faktor metode, 4) Faktor situasi,

Untuk menyatakan bahwa suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil, bila setiap guru memiliki pandangan masing-masing sejalan dengan filsafatnya. Namun untuk menyamakan persepsi sebaiknya kita berpedoman pada kurikulum yang berlaku saat ini yang telah disempurnakan antara lain bahwa suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila tujuan instruksional khusus (TIK)nya dapat tercapai[1]

Untuk mengetahui tercapai tidaknya TIK, guru perlu mengadakan tes formatif setiap selesai menyajikan satu bahasan kepada siswa. Penilaian formatif ini untuk mengetahui sejauh mana siswa telah menguasai tujuan instruksional khusus (TIK) yang ingin dicapai. Fungsi penilaian ini adalah untuk memberikan umpan balik kepada guru dalam rangka memperbaiki proses belajar mengajar dan melaksanakan program remedial bagi siswa yang belum berhasil. Suatu   proses   belajar    mengajar    tentang  suatu   bahkan  pengajaran dinyatakan  berhasil  apabila  hasilnya  memenuhi  tujuan instruksional khusus dari bahan tersebut.

Kata kunci : intelegensi,  minat, bakat, interaksi, materi, metode, situasi, kongnitif, afektif.


 


Full Text:

PDF

References


Amin, Ahsin. Pengelolaan Kelas Dan Interaksi Belajar Mengajar, Cet. III; ujung pandang: IKIP UP, 1990.

Ahmadi, Abu, Sosiologi Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Bandung, CV Pustaka Sari, 1996.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pengantar Praktik). Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Balai Penerbitan, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi Tesis dan Disertasi) ( Edisi Revisi) 1997.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Cet I;Jakarta: RinekaCipta, 2000.

Faisal, Sanapiah. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1985.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Cet. I; Jakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 1983.

Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.