INTERAKSI PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK BERPRESTASI

Abd Rahim Razak

Abstract


Abstrak
Hidup bersama antara manusia berlangsung di dalam berbagai bentuk perhubungan, di dalam berbagai jenis situasi. Tanpa adanya proses interaksi di dalam hidup manusia, tidak mungkin mereka dapat hidup bersama. Proses interaksi itu mungkin terjadi, karena kenyataan bahwa manusia pada hakekatnya memiliki sifat sosial yang besar. Setiap proses interaksi terjadi dalam ikatan suatu situasi, tidak di tempat atau ruang yang hampa. Dengan demikian, maka ada berbagai jenis situasi yang memberi kekhususan pada proses interaksi, misalnya interaksi belajar mengajar atau interaksi edukatif. Namun dalam uraian ini akan dibatasi penjelasan mengenai interaksi belajar mengajar. Sebagai fasilitator, ialah menyediakan situasi dan kondisi yang dibutuhkan oleh individu yang belajar. Sebagai pembimbing, ialah memberikan bimbingan kepada siswa agar mampu belajar dengan lancar. Sebagai motivator, ialah memberi dorongan semangat agar siswa mau dan giat belajar. Sebagai organisatoris, ialah mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar siswa maupun guru. Sebagai manusia sumber, dimana guru dapat memberikan informasi apa yang dibutuhkan oleh siswa
Key Word: motivasi, intelegensi, psikis, TIK Guru, faktor internal, eksternal.

Full Text:

PDF

References


Amin, Ahsin. Pengelolaan Kelas Dan Interaksi Belajar Mengajar, Cet. III; ujung pandang: IKIP UP, 1990.

Ahmadi, Abu, Sosiologi Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Bandung, CV Pustaka Sari, 1996.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pengantar Praktik). Cet. VIII; Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Balai penerbitan, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah ( Skripsi Tesis dan Disertasi) ( Edisi Revisi) 1997.

Jurnal PILAR, Vol. 2, No. 2, Juli-Des’, 2013

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Cet I;Jakarta: RinekaCipta, 2000.

Faisal, Sanapiah. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1985.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research, Cet. I; Jakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 1983.

Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.