Efektifitas Manajemen Pendidikan Islam
Abstract
Manajemen pendidikan Islam memiliki peran yang krusial dalam mengelola sistem pendidikan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memastikan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran Islam. Penelitian ini menguraikan pengertian menejemen pendidikan untuk memberikan pemahaman makna manajemen pada suatu lembaga pendidikan islam, bentuk bentuk manajemen dalam tatakelolah suatu lembaga pendidikan Islam, serta bentuk manajemen yang efektif dalam mewujudkan satuan lembaga pendidikan yang unggul. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pendidikan islam yang efektif merupakan kolaborasi atara manajemen yang satu dengan yang lain secara baik. Sehingga akan tercipta sebuah pendidikan yang efektif yang diharapkan dapat melahirkan peserta didik yang berhasil dalam segala hal.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta
Davar, Rezania & Mike, Henry. (2010). “Management Education: Classifying Business Curricula and Conceptualizing Transfers and Bridges,” International Journal of Business and Management. Vol. 5.
Depdiknas. (2007). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
Majid, Abdul. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moedjiarto. (2022). Sekolah Unggul: Metodologi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Duta Graha Pustaka
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sondang, P. Siagian. (2002). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:PT. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.