Pondok Pesantren: Ciri Khas Perkembangan dan Sistem Pendidikannya

Marjani Alwi

Abstract


Pesantren sebagai lembaga pendidikan, memiliki lima elemen dasar tradisi pesantren, yaitu pondok, masjid, santri, pengajaran kitab Islam klasik, dan kyai. Pendapat lain menyatakan bahwa dalam lembaga pendidikan Islam yang disebut pesantren, selalu terdapat unsur kyai yang mengajar dan mendidik, santri yang belajar dari Kyai, masjid serta pondok tempat tinggal para santri. Kyai atau pengasuh pondok pesantren adalah elemen yang sangat esensial bagi suatu pesantren. Pada umumnya, sosok Kyai sangat berpengaruh, kharismatik, dan berwibawa sehingga sangat disegani oleh masyarakat di lingkungan pondok pesantren. Selain itu, biasanya Kyai pondok pesantren adalah sekaligus sebagai penggagas dan pendiri dari pesantren tersebut. Dengan demikian, sangat wajar apabila dalam pertumbuhannya pesantren sangat tergantung pada peran seorang Kyai.

Kata kunci: Santri, Pondok pesantren, Kyai

References


Bawani, Imam. (1993). Tradisional Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al-Ikhlas

Damopolii, Mulyono. (2011). Pesantren Modern IMMIM, Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Press

Departemen Agama RI. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro

Dhofier, Zamakhsyari. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Cet. IX. Jakarta: LP3ES

Haedari, HM MT Amin, dkk. (2004). Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Cet. I. Jakarta: IRD Press

Houthma, M.T (1934). Encyclopedia of Islam. Leiden

Madjid, Nurcholis. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina

Marwan. (1979). Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta: Dharma Bakti

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

Poerbakawatja, Soegarda. (1976). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung

Rahim, Husni. (2005). Madrasah Dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.

Rama, Bahaking. (2003). Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren: Kajian Pesantren As’adiyah Sengkang, Sulawesi Selatan. Jakarta: Parodatama

Saridjo, Marwan. Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II. Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan al-Manar Press

________ (2011). Pendidikan Islam dari Masa ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II. Bogor: Yayasan Ngali Aksara

Syihab, M Quraisy. (1992). Membumikan Alquran. Bandung: Mizan

_________ (1996). Wawasan Alquran. Cet. II. Bandung: Mizan

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka

Zarkasyi, Abdullah Syukri. (1990). Pondok Pesantren Sebagai Alternatif Kelembagaan Pendidikan untuk Program Pengembangan Studi Islam Asia Tenggara. Surakarta: Universitas Muhammadiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.