Pondok Pesantren: Ciri Khas Perkembangan dan Sistem Pendidikannya
Abstract
Pesantren sebagai lembaga pendidikan, memiliki lima elemen dasar tradisi pesantren, yaitu pondok, masjid, santri, pengajaran kitab Islam klasik, dan kyai. Pendapat lain menyatakan bahwa dalam lembaga pendidikan Islam yang disebut pesantren, selalu terdapat unsur kyai yang mengajar dan mendidik, santri yang belajar dari Kyai, masjid serta pondok tempat tinggal para santri. Kyai atau pengasuh pondok pesantren adalah elemen yang sangat esensial bagi suatu pesantren. Pada umumnya, sosok Kyai sangat berpengaruh, kharismatik, dan berwibawa sehingga sangat disegani oleh masyarakat di lingkungan pondok pesantren. Selain itu, biasanya Kyai pondok pesantren adalah sekaligus sebagai penggagas dan pendiri dari pesantren tersebut. Dengan demikian, sangat wajar apabila dalam pertumbuhannya pesantren sangat tergantung pada peran seorang Kyai.
Kata kunci: Santri, Pondok pesantren, KyaiReferences
Bawani, Imam. (1993). Tradisional Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: al-Ikhlas
Damopolii, Mulyono. (2011). Pesantren Modern IMMIM, Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Press
Departemen Agama RI. (2010). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro
Dhofier, Zamakhsyari. (2011). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Cet. IX. Jakarta: LP3ES
Haedari, HM MT Amin, dkk. (2004). Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Cet. I. Jakarta: IRD Press
Houthma, M.T (1934). Encyclopedia of Islam. Leiden
Madjid, Nurcholis. (1997). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina
Marwan. (1979). Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia. Jakarta: Dharma Bakti
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Poerbakawatja, Soegarda. (1976). Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung
Rahim, Husni. (2005). Madrasah Dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu.
Rama, Bahaking. (2003). Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren: Kajian Pesantren As’adiyah Sengkang, Sulawesi Selatan. Jakarta: Parodatama
Saridjo, Marwan. Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II. Bogor: Yayasan Ngali Aksara dan al-Manar Press
________ (2011). Pendidikan Islam dari Masa ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II. Bogor: Yayasan Ngali Aksara
Syihab, M Quraisy. (1992). Membumikan Alquran. Bandung: Mizan
_________ (1996). Wawasan Alquran. Cet. II. Bandung: Mizan
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka
Zarkasyi, Abdullah Syukri. (1990). Pondok Pesantren Sebagai Alternatif Kelembagaan Pendidikan untuk Program Pengembangan Studi Islam Asia Tenggara. Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Refbacks
- There are currently no refbacks.