Filsafat Pendidikan Dalam Perspektif Islam

Ya'kub Ya'kub

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep filsafat pendidikan dalam perspektif Islam. Metode penelitian menggunakan penelitian studi literatur, yaitu serangkaian kegiatan terkait metode pengumpulan data pustaka, membaca, menganalisis serta mengelola informasi yang diperoleh dari berbagai sumber literasi. Hasil penelitian diperoleh penjelasan terkait konsep filsafat pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan filsafat pendidikan Islam. Sedangkan sumbernya diambil dari beberapa buku ilmiah yang diterbitkan dengan maksud dijadikan sumber referensi. Secara konseptual, mencakup prinsip, konsep, dan nilai-nilai yang menjadi dasar dalam merancang dan menyelenggarakan pendidikan dalam kerangka Islam. filsafat pendidikan dalam perspektif Islam mengintegrasikan aspek spiritual, moral, intelektual, dan sosial dalam pendekatan pembelajaran. Dengan ruang lingkup filsafat pendidikan Islam dapat dilihat dari beberapa dimensi, yaitu: dimensi lingkungan pendidikan, dan dimensi jenis permasalahan pendidikan.  Dengan melihat dimensi waktu, dan dimensi ruang atau geografis. Dilihat dari dimensi lingkungan pendidikan, maka wilayah kajiannya meliputi, pendidikan dalam lingkungan keluarga, pendidikan dalam lingkungan sekolah, dan pendidikan di luar sekolah. Dilihat dari dimensi jenis permasalahan pendidikan, maka wilayah kajiannya meliputi: masalah landasan pendidikan, masalah struktur lembaga pendidikan, dan masalah operasional pendidikan. Dengan memahami secara mendalam bahwa filsafat pendidikan Islam sebagai ilmu yang meliputi: ontologi, epistemologi dan aksiologinya.

 

Kata Kunci: Filsafat Pendidikan, Pendidikan Islam, Permasalahan Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Abdul Munir Mulkhan, 2002. Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Abd. Aziz, 2009. Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras.

Abu Ahmad dan Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Tafsir. 2006. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ahmad D Marimba. 1974. Pengantar filsafat Pendidikan Agama Islam. Bandung: Al- Ma’arif.

Arifin, H.M. 2017. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

A, Muhaimin M. 2002. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Abudin Nata. 2008. Ayat-ayat Pendidikan (Tafsir Ayat-ayat Tarbawi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Burga, Muhammad Al-Qadri. 2019. Hakikat Manusia sebagai Makhluk Pedagogik. Jurnal Al-Musannif 1 (1) 19-31

Drajat Zakiyah. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Surabaya: PSAPM bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.

Moh. Wardi. 2013. Problematika Pendidikan islam dan Solusi Alternatifnya (Perspektif ontologis, Epitemologis dan Aksiologis). Jurnal Tadris, 8, (1) 65-67

Qomar. 2005. Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga.

Sadulloh Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Soegiono dkk, 2012. Filsafat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.