Pola Pengasuhan dan Komunikasi Anak Dalam Pembinaan Akhlak di Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar

Reza Riski Fauzih, Muh. Ali Bakri, Muhammad Yasin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pengasuhan dan komunikasi pengasuh dalam pembinaan akhlak anak asuh di Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar, untuk mengetahui pola pembinaan akhlak anak di Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar, serta untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dan pengasuhan anak dalam pembinaan akhlak di Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar. Penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah penelitian yang bertujuan mendapatkan fakta empiris secara objektif. Penelitian ini mengeksplorasi pola pengasuhan dan strategi komunikasi yang diterapkan dalam pembinaan akhlak anak di Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar. Melibatkan wawancara dengan pengasuh dan observasi di Panti Asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pola pengasuhan, terutama otoritatif, dan strategi komunikasi asertif mempengaruhi perkembangan akhlak anak. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan yang bersifat mendukung dan komunikasi yang terbuka berkontribusi pada pembentukan karakter positif pada anak. Penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan hambatan yang dihadapi pengasuh dalam memberikan pembinaan, sekaligus memberikan saran terkait peningkatan efektivitas pembinaan di lingkungan Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut mengenai peran penting pola pengasuhan dan komunikasi dalam membentuk akhlak anak di Panti Asuhan Al-Khaer Kota Makassar.


Full Text:

PDF

References


AA, Dyah Ayu Ratna Dewi. "Peran Modal Sosial Pesantren Dalam Penguatan Pendidikan Karakter", As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no.1.

Anshari, Endang Saifuddin Wawasan Islam. (1982). "Pokok-pokok Pikiran Tentang Islam dan Umatnya", Jakarta: CV. Rajawali.

Baderun, Nadzmi Akbar, and Samsul Rani. (2021). "Strategi Pembinaan Keagamaan Muallaf Dayak Meratus Kalimantan Selatan", Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20, no.1.

Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta Timur: CV Darus Sunnah.

Hamang, M Nasri. (2014). "Pembentukan Karakter Anak Yatim Piatu Dalam Paradigma Muhammadiyah", Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 2, no.1.

Ihsan, Ihsan, and Muhammad Anis. (2021). "Pola Pembinaan Anak Yatim Perspektif Hukum Islam Dan Undang-Undang Perlindungan Anak; Studi Kasus LKSA Di Panti Asuhan Amrillah Kab. Gowa", Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum.

Imron, Ali. (2018). "Pandangan Islam Tentang Akhlak Dan Perubahan Serta Konseptualisasinya Dalam Pendidikan Islam", Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no.2.

Irfan, Moh. (2020). "Pendidikan Akhlak Dalam Al Quran: Kajian Surat Al‎ Hujurah Ayat 11-13", Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya 5, no.1.

Js, Badudu. (1994). "Kamus Besar Bahasa Indonesia", Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Khaidir, M Ag, S S Kosilah, Agus Kistian, Nur Dafiq, S Psi, M Pd Miswar Saputra, and others. (2021). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini (Yayasan Penerbit Muhammad Zaini).

Kriyantono, Rachmat. (2019). "Pengantar Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspektif Islam, Jakarta: Prenada Media Group.

Kasyaf S, Ben Akrom. (2012). Dahsyatnya Menyantuni Anak Yatim, Cet. I; Jakarta Timur: Al Maghfiroh.

M.Soekarni, Dkk. (2018). "Metodologi Penelitian Sosial Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Metodologi Penelitian Bidang Ilmu Pengetahuan Sosia"l.

Mahmuda, Mardan. (2018). "Anak Yatim Sebagai Objek Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an", Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

M.K, Muhsin. (2003). Mari Mencintai Anak Yatim. Jakarta: Gema Insani Press.

Nofiaturrahmah, Fifi. 2018 "Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah", Ziswaf: Jurnal Zakat Dan Wakaf 4, no.2.

———. (2017). "Pendidikan Karakter Yang Menyenangkan (Studi Di PAUD Shofa Azzahro)", ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no.1.

Nuddin, Amin. (2017). "Konsep Anak Yatim Dalam Al-Quran", Al-Fath 11, no.1.

Najib, Abdul and Rosita Wardiana. (2017). "Peran Pola Asuh Bagi Anak Terlantar Di Panti Sosial Asuhan Anak (Psaa) Harapan Majeluk Kota Mataram NTB", KOMUNITAS 9, no.1.

Pertiwi, Septi. (2014). "Pola Pengasuhan Untuk Mengembangkan Karakter Anak (Studi Kasus Di Yayasan Tunas Rajawali Kota Semarang)", Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 3, no.1.

Rahmah, Siti. (2019). "Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak", Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no.33.

Rambe, Mahdani, and Eli Warnisyah. (2021). "Metode Pondok Pesantren Modern Saifullah An-Nahdliyah Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Era Digital", Jurnal Studi Sosial Dan Agama (JSSA) 1, no.2.

Ridwan, Ihwan. (2017). "Pembinaan Anak Dirumah Anak Yatim Assyifa Kota Makassar", Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) 4, no.2.

Rahmah, Siti. (2019). "Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak", Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no.33.

Saputra, Agung, Heri Kusmanto, and Kaiman Turnip. (2016). "Implementasi Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Dalam Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan", Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal 6, no.1.

Sawaty, Ikhwan, and Kristina Tandirerung. 2018. "Strategi Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren", Al-Mau’izhah: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam 1, no.1.

Tohirin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suryadi, Edi. (2018). "Strategi Komunikasi", Cet. I; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono dan Puji Lestari. (2021). "Metode Penelitian Komunikasi" Bandung: Alfabeta.

Silfana, Ike Meisari, and Imron Imron. (2017). "Pembentukan Akhlakul Karimah Anak Yatim Dengan Metode Konseling Islam Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Magelang", Jurnal Tarbiyatuna 8, no.1.

Winoto, Gatot dkk. (1991). Pola Pengasuhan Anak Secara Tradisional Di Kelurahan Moro Daerah Riau, Tanjung Pinang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah da Nilai Tradisional.

Wekke, Ismail Suardi dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. Cet. I; Yogyakarta: Gawe Buku.

Yusuf, Muhamad Fahrudin. (2021). "Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi", Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Yuliasari, Rahmania Nur, and Sungkowo Edy Mulyono. (2015). "Peran Pengelola Panti Asuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Asuh (Studi Empiris Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Danukusumo Kabupaten Purworejo)", Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 4, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.