Motivasi Belajar Anak Dalam Rumah Tangga Menurut Pendidikan Islam

Abd Rahim Razaq

Abstract


Motivasi belajar peserta didik, tidak perlu terpaku atau hanya cenderung pada satu teori motivasi saja. Karena pada dasarnya, teori-teori tersebut jika dihubungkan dengan manusia sebagai pribadi dalam kehidupan sehari-harinya, memiliki hubungan yang komplementer. Seringkali diketemukan di bidang pendidikan di mana guru mengalami kesulitan dalam merangsang gairah belajar peserta didiknya. Guru yang piawai dalam menerapkan metode pengarahan dan motivasi belajar di dalam kelas, akan cenderung lebih mudah untuk mengarahkan peserta didiknya untuk betah tinggal di dalam kelas dan mengikuti proses belajar mengajar, dibandingkan dengan guru yang kurang mampu menerapkan metode tersebut. Ditegaskan di sini bahwa pendidikan Islam itu suatu upaya membimbing mengarahkan dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian yang utama sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Kata kunci: motivasi belajar; metode pengajaran; pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Al Quran dan Terjemahnya. (1993). Departemen Agama RI. Ed. Baru. Jakarta: Surya Cipta Aksara.

Abi Husainy Muslim bin Hajjaj al Qusyairy al Nasaibury. Sahih Muslim. Juz II. Beirut: Dar Ihya al Kutubil Arabiyah, t.th. h. 2547

Abror, Abd. Rachmat. (1993). Psikologi Pendidikan. Cet. IV. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Azhari, Akyas. (1996). Psikologi Pendidikan. Cet. I. Semarang: Dina Utama Semarang.

Darajat, Zakiah. (2001) Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Ed. I, Cet. II. Jakarta: Bumi Aksara.

Echols, John M. dan Shadily, Hassan. (1986). Kamus Inggris-Indonesia. Cet. XIV. Jakarta: PT Gramedia

Ismail, Imanuddin. (1980). Pengembangan Kemampuan Belajar Kepada Anak-anak. Cet. I. Jakarta: PT Bulan Bintang

Muhaimin. (2022). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Menngefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Cet. II. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nata, Abuddin Nata. (2000). Metodologi Studi Islam. Cet. V. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim. (1996). Psikologi Pendidikan. Cet. XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto, M. Ngalim. (1998). Psikologi Pendidikan. Cet. XIV. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Roestiyah, NK. (1986) Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Cet. I. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto. (1995). Belajar dari Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Ed. Revisi. Cet. III. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. (1999) Psikologi Belajar. Cet. II. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.