Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Komunikasi adalah kunci dari kegiatan pembelajaran PAI. Komunikasi efektif dalam pembelajaran PAI, merupakan proses transformasi pesan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi, dari pendidik kepada peserta didik, di mana peserta didik mampu memahami maksud pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, sehingga menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menimbulkan perubahan tingkat berlaku menjadi lebih baik. Pendidik adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap berlangsungnya komunikasi yang efektif dalam pembelajaran, sehingga guru sebagai pendidik dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, agar menghasilkan proses pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, pendidik sebagai unsur yang paling berperan dalam pembelajaran PAI, senantiasa memperhatikan unsur-unsur komunikasi efektif, baik komunikasi dalam bentuk bahasa lisan, maupun lewat pembelajaran. Dalam komunikasi pembelajaran PAI, minimal ada 5 unsur yang terkait, yaitu: 1) komunikator/pendidik; 2) isi pesan/materi pembelajaran; 3) saluran/media pembelajaran; 4) komunikan/penerima pesan (peserta pembelajar); 5) pengaruh/hasil pembelajaran. Kelima hal tersebut sangat membantu proses sukses proses pembelajaran
Kata kunci: Komunikasi efektif; pembelajaran PAI, PendidikReferences
Arismunandar, Wiranto. (2003). Komunikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Departemen Teknik Mesin ITB.
Abizar. (2004). Sistem Komunikasi Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Padang
Ghofur, Abdul. (2006). Handout Kuliah Landasan Teknologi Pendidikan. PPS UNY Yogyakarta
Pratikno, R. (1987). Berbagai Aspek Komunikasi. Bandung: Remadja Karya
Faturrohman, Pupuh; Sutikno, M. Sobri. (2010) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama
Sadirman, AM. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Kutub, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam
Refbacks
- There are currently no refbacks.