Interaksi Pembelajaran Efektif untuk Mencapai Prestasi Tertentu

Abd Rahim Razaq

Abstract


Pendidikan dimaknai sebagai proses mengubah tingkah laku anak didik agar menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan individu berbeda. Pendidikan tidak hanya mencakup pengembangan intelektual saja, akan tetapi lebih ditekankan pada proses pembinaan kepribadian anak didik secara menyeluruh sehingga anak menjadi dewasa. Karena itu pendidikan pada dasarnya merupakan usaha manusia (pendidik) untuk dengan penuh tanggungjawab membimbing anak menjadi dewasa. Usaha sadar tersebut dilakukan dalam bentuk pembelajaran, di mana ada pendidik yang melayani para siswanya melakukan kegiatan belajar dan pendidik menilai atau mengukur tingkat keberhasilan siswa tersebut. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan, interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa itu, merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses belajar mengajar mempunyai arti yang luas tidak sekadar hubungan guru dan siswa. Tetapi berupa interaksi edukatif berupa penanaman sikap dan nilai pada diri siswa yang sedang belajar.

Kata Kunci: interaksi edukatif, intelegensia, pembelajaran efektif


References


Amin, Ahsin. Pengelolaan Kelas dan Interaksi Belajar Mengajar. Cet. III. Ujungpandang: IKIP UP. 1990

Ahmadi, Abu. Sosiologi Pendidikan. Cet. I. Jakarta-Bandung: CV. Pustaka Sari, 1996

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pengantar Praktik). Cet. VIII. Jakarta: Rieneka Cipta, 1992

Balai Penerbitan. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis dan Disertasi). Edisi Revisi). 1997

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Cet. I. Jakarta: Rieneka Cipta, 2000.

Faisal, Sanapiah. Sosioologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1985

Hadi. Sutrisno. Metodologi Research. Cet. I. Jakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, 1983

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. I. Jakarta: Rieneka Cipta, 1987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.