APLIKASI PRINSIP TEST LESS LEARN MORE MELALUI TRANSFORMASI STANDAR NASIONAL PENDIDKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Kameriah Saraswati, Dian Ihdinasti Nur Aprilia, Ihwana Ihwana

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan penting agar dapat memajukan kehidupan kearah yang lebih maju. Begitupun dengan bangsa Indonesia, pendidikan harus dikembangka nsejalan dengan tuntutan pembangunan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, maka disusun system pendidikan oleh pemerintah. Namun melihat kenyataan sekarang, mutu pendidikan di Indonesia justru mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena system yang digunakan di Indonesia saat ini belum efekltif dan efisien dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, perubahan system sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, penulis menawarkan aplikasi prinsip belajar test less learn more melalui transformasi standar nasional pendidikan sebagai upaya meningkatakan mutu pendidikan di Indonesia. Prinsip belajar tersebut benar-benar menunjukkan mutu atau kualitas dari setiap peserta didik tanpa adanya rekayasa atau manipulasi yang mengindikasikan adanya kecurangan.

Kata Kunci: Test Less Learn More, Transformasi Standar Nasional Pendidikan, Mutu Pendiddikan Nasional


Full Text:

PDF

References


Dwik. 2013. Astaga, RI Peringkat ke-64 untuk Pendidikan. (online) http://www.unitomo.ac.id diakses 21 juli 2013 jam 05.50 WITA

Firdaus, Ahmad. 2012. Berkaca dari Finlandia: Sebuah Anomali Pendidikan. (online) http://creedycat.blogspot.com diakses 25 Juli 2013.

Hariyanto. 2012. Tujuan Pendidikan Nasional (online) http://belajarpsikologi.com diakses 25 Juli 2013.

Ihsan, Fuad. 2003. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Sauri, Sofyan. 2009. Strategi Pembangunan Bidang Pendidikan untuk Mewujudkan Pendidikan Bermutu. (online) http://id.scribd.com diakses 21 Juli 2013.

Siswo. 2013. Belajar dari Finlandia pemilik sistem pendidikan terbaik dunia. (online) (http://www.siswo.web.id diakses 13 juli 2013.

Soedijarto. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Suhendi, Hendi. 2012. Mengapa Finlandia Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. (online)http://hendisuhendi2012. wordpress.com diakses 12 Juli 2013.

Sukorni, Indriati. 2009. Dampak Perubahan Kurikulum Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikan Di Indonesia.(online) (http://indriatisukorini.wordpress.com (online) diakses 22 juli 2013

Tim Pengembang Ilmu pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: PT imperial Bakti Utama.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. (online) http: kemdikbud.go.id diakses pada 23 Juli 2013

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (online) www.unpad.ac.id diakses pada 23 Juli 2013.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENA



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats