EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nurfadillah Nurfadillah

Abstract


Saat ini dunia dikejutkan dengan mewabahnya suatu penyakit yang disebabkan oleh sebuah virus yang bernama corona atau dikenal dengan istilah Covid-19. Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak yang sangat luar biasa terhadap beberapa sektor kehidupan, salah satunya yaitu pendidikan, adanya kebijakan belajar online, atau dalam jaringan (daring). SMAN 18 MAKASSAR merupakan sekolah yang telah mencoba memanfaatkan e-learning pada masa pandemi Covid-19. Media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai penunjang pada media yang sudah ada ialah aplikasi google classroom. Google classroom dapat menciptakan sebuah ruang digital pembelajaran, dimana peserta didik dapat mengakses materi dari berbagai sumber tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian kelas XII IPA SMAN 18 Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes hasil pembelajaran, obsevasi dan angket. Penggunaan aplikasi google classroom pada pembelajaran matematika kelas XII IPA SMAN 18 Makassar sebagai media pembelajaran memiliki dampak yang kurang baik terhadap hasil belajar siswa, aktivitas dan respon siswa. Terbukti dari adanya selisih rata - rata nilai pretest dan posttest yang kecil, respon siswa pada pembelajaran matematika negatif, dan hasil belajar yang tuntas secara klasikal. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan google classroom sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII SMAN 18 Makassar belum efektif. 

Full Text:

PDF

References


Pradana, D. B. P. dan Harimurti, R. 2017. Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT-Edu Universitas Negeri Surabaya 2 (1):60.

Purwanto, R. at all. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1):1-12.

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, dan R & D. Kencana. Jakarta.

Reuters. 2020. Indonesia confirms first cases of coronavirus. https://www.bangkokpost.com. 03 September 2020 (20:40).




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i2.8973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats