PENGGUNAAN MODEL FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KONSEP BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR

Yuni Lestari, Muhammad Ilyas Nusi, Farly Djaman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model Flipped Learning pada materi konsep bilangan berpangkat dan bentuk akar di SPNF SKB Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Flipper Learning melalui aplikasi Youtube dan Whatsapp Dalam penelitian ini di temukan hasil pada siklus satu setealah dilakukan tes mendapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 72.89 dengan presentase siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 72,2% kemudian dilanjutkan pada siklus dua dan didapatkan hasil nilai rata-rata siswa sebesar 81,44 sedangkan presentase ketuntasan menjadi 94,44 persen dengan minimal skor tuntas sebesar 65. Selain itu aktivitas guru dan siswa meningkat dari 70% menjadi 95% sehingga pembelajaran menggunakan model Flipped Learning dapat membantu atau dapat menjadi alternatif untuk digunakan dalam pembelajaran. 

Full Text:

PDF

References


Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International Society for Technology in Education; ASCD

Christiansen, A., M., Nadelson, Louis., Etchberger, L., Cuch, M., Kongsford, A., T., & Woodward, O. L., (2017) Flipped Learning in Synchonously-Delivered, Geograoically- delivered General Chemistry Classrooms. J. Chem. Educ. 94(5), 662-667

Igirisa, N. (2017). Pengaruh Model Flipped Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pascasarjana, 2(1).Kurniawati, M., Santanapurba, H., 1(1).

Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara, 2009.

Suherman, E. (2001). Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontemporer. Bandung: Depdikbud

Wiginton, L., B. (2013). Flipped Instruction: an Investigation into into the Effect of Learning Environment of Student Self-Efficacy, Learning style, and academic Achievement in an Algebra 1 Classroom. USA : University of Alabama.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i2.8968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats