MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Agung, Aswin Nurdin, Ana Mauliana

Abstract


Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris bermuatan nilai pendidikan karakter melatarbelakangi studi ini untuk menginvestigasi konsep multimedia interaktif pada penyajian materi, khususnya, kosakata yang dinilai strategis diajarkan pada siswa sekolah dasar. Melalui studi pustaka, studi ini mengidentifikasi sebaran materi kosakata dari teks cerita berjudul ‘Kiki dan Kiku’ atas pertimbangan bahwa cerita tersebut bermuatan nilai pendidikan karakter yang sejalan dengan kurikulum 2013, memiliki kumpulan kosakata yang familiar, dan merupakan teks singkat yang mudah dipahami. Penyajian materi yang mengacu pada konsep multimedia interaktif melibatkan komponen audio untuk pelafalan kosakata, teks untuk menampilkan uraian cerita beserta materi kosakata, dan gambar yang mewakili makna kosakata. Disimpulkan bahwa studi ini dapat menjadi referensi atau rekomendasi konsep pembelajaran kosakata bahasa Inggris bermuatan nilai pendidikan karakter melalui pemanfaatan multimedia interaktif. 

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Menggunakan Vocabulary SelfCollection Strategy. Journal of Education Action Research, 2(2), 172–179. https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12326

Azizah, D. M., & Surya, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris SD Berbasis Budaya Di Yogyakarta. DWIJA Binanto, I. (2010). Multimedia Digital: Dasar Teori + Pengembangannya. Penerbit Andi.

Bowo, T. A., & Budiati. (2019). Pengembangan Flashcard Berbasis Pancasila sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Philosophica, 2(2), 75–83. https://doi.org/10.35473/po.v2i2.341

Gunawan, Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230

Rikmasari, R., & Riyanissani, A. (2017).Perbandingan Penguasaan Vocabulary Siswa Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Dan Inside Outside Circle (Lingkaran KecilLingkaran Besar) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Iii Di Sdit Bekasi. Pedagogik Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 77-87.

Khilmi, M., Sulistiani, I. R., & Dewi, M. S. (2020). Analisis Nilai Karakter Yang Terkandung Pada Cerita Anak Berjenis Fabel Pada Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Sd / Mi Revisi 2017. JPMI:Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 49–54. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/7609

Li, J.-T., & Tong, F. (2018). Multimedia-assisted self-learning materials: the benefits of Eflashcards for vocabulary learning in Chinese as a foreign language. Reading and Writing, 32(5), 1175–1195. https://doi.org/10.1007/s11145-018-9906-x

Manganguwi, F., Abdullah, S., & Somadayo, S. (2020). Nilai Karakter Cerita Dongeng dalam Pembelajaran Tematik Tema 7 Kebersamaan Kelas II SD. PEDAGOGIK, 7(2), 26–38. Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Dwija cendekia. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–152. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129

Rahmat, S. T. (2015). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendiikan Dan Kebudayaan Missio, 7(2), 196–

http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/35/24

Republik Indonesia. (2013). UndangUndang Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum (pp. 1–3). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/AbstrakPermendikbud nomor 81A Tahun 2013.pdf

Republik Indonesia. (2014). UndangUndang Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (pp.1–265). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 57 Tahun 2014-digabungkan.pdf

Republik Indonesia. (2018). UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal(pp. 8–12). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif Prinsip Dasar & Model Pengembangan. Penerbit Andi.

Tiarasari, A., Sukarno, S., & Sarwanto. (2018). Interactive Multimedia Use To Increase Learning Interest. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23540

Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Teacher Friendly E-Flashcard: a Development of Bilingual Learning Media for Young Learners. Journal of Education Technology, 1(1), 18–29. https://doi.org/10.23887/jet.v1i1.10080

Widyahening, C. E., & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.7603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats